Arifin, Ulvy Shellyana (2012) PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR ANALITIS PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_211317027_ULVY SHELLYANA ARIFIN - Copy.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Arifin, Ulvy Shellyana. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Socioscientific Isu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Peserta Didik
Pada Tema Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci: LKPD, Socioscientific Isu, Berfikir Analitis.
Memasuki abad 21, sistem pembelajaran menekankan pada 7 kemampuan berfikir peserta didik
yaitu, kemampuan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, kolaborsi dan kepemimpinan,
kemampuan adaptasi, inisiatif, komunikatif, mengakses dan menganalisiss informasi, dan rasa
ingin tahu. Sedangkan kemampuan peserta didik dalam berfikir tingkat tinggi dirasa masih
kurang. Peserta didik cenderung memahami pelajaran dengan menghafal. Hal tersebut juga
terjadi di SMPN 4 Ponorogo. Berdasarkan survey awal yang dilakukan peneliti di SMPN 4 di
Ponorogo, pada tanggal 20 Oktober 2020 terdapat permasalahan mengenai kemampuan peserta
didik khususnya pada kemampuan berfikir analitis. Berdasarkan hasil analisiss daftar nilai pada
LKPD yang didapat saat melakukan observasi awal di SMPN 4 Ponorogo, dapat disimpulkan
kemampuan berfikir analitis peserta didik yang masih kurang baik. Maka perlu adanya suatu
tindakan dengan mengembangkan LKPD berbasis socioscientific isu, dengan topik kebakaran hutan dan
lahan (KARHUTLA), untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis
socioscientific isu yang teruji (1)kelayakannya, (2)kepraktisannya dan (3) keefektifannya dalam
meningkatkan kemampuan berfikir analitis peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development, dengan melakukan
beberapa langkah dari model penelitian Brog and Gall. Produk yang dikembangkan divalidasi
oleh 2 validator ahli, yaitu Bapak Suka Harimanto S.Pd. M.Pd. dan Ibu Titah Sayekti S.Pd.,
M.Sc. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII H (kelas kontrol) dan VII G (kelas
eksperiment) sejumlah 61 peserta didik. Produk LKPD yang dikembangkan divaliditas oleh validator ahli,
berupa aspek konten, keterbacaan dan konstruk atau kekhasan. Data diperoleh dari hasil analisis validitas
ahli, angket respon peserta didik, serta skor hasil pretes dan postes peserta didik.
Hasil analisis validitas ahli diperoleh bahwa produk LPKD layak untuk digunakan sebagai
media pembelajaran. Dengan hasil validitas sebesar 87.5% pada aspek konten, 93.75% pada aspek
keterbacaan dan 79% pada aspek kehasan atau konstruk. Data postes pada kelas eksperimen dan kontrol
kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 16 yang berarti terdapat perbedaan yang
signifikan pada kemampuan berfikir analitis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Maka dapat
diambil kesimpulan jika penggunaan LKPD berbasis socioscientific isu sebagai media pembelajaran
efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Nuswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 30 May 2021 14:44 |
Last Modified: | 30 May 2021 14:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14169 |
Actions (login required)
View Item |