Arofah, Zahrotul (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
210317 065 ZAHROTUL AROFAH E THESES.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Arofah, Zahrotul. 2021. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas X Teknik Body Otomotif (TBO) SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah. Kepercayaan diri dan motivasi belajar merupakan faktor internal yang mempengaruhi pretasi belajar. Kepercayaan diri yang baik akan menumbuhkan suatu keyakinan terhadap diri sendiri saat proses pembelajaran sehingga dengan percaya diri akan meninngkatkan prestasi belajar siswa. Dengan motivasi belajar sebagai penggerak dan pendorong siswa untuk mencapai tujuan yang diinginkan yang hasil akhirnya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI kelas X Teknik Body Otomotif (TBO) SMK PGRI 2 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui pengaruh signifikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI kelas X Teknik Body Otomotif (TBO) SMK PGRI 2 Ponorogo. (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikansi kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI kelas X Teknik Body Otomotif (TBO) SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 78 siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan Sampel Jenuh. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda sebagai metode analisis data, teknik instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI kelas. Berdasarkan hasil analisis data Fhitung (6.725) > Ftabel (3.96) maka tolak H0. (2) Terdapat pengaruh secara signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI, berdasarkan hasil analisis data Fhitung (8.204) > Ftabel (3.96) maka tolak H0. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI , berdasarkan hasil analisis data, Fhitung (6.639) > Ftabel (3,13) maka tolak H0.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afif Syaiful Mahmudin |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 30 May 2021 14:41 |
Last Modified: | 30 May 2021 14:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14160 |
Actions (login required)
View Item |