IMPLEMENTASI PENELITIAN ILMIAH TOULMIN SEBAGAI KERANGKA ANALISIS ARGUMENTASI MASALAH SOSIO-SAINTIFIK PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 5 PONOROGO

Rahayuningsih, Puput (2021) IMPLEMENTASI PENELITIAN ILMIAH TOULMIN SEBAGAI KERANGKA ANALISIS ARGUMENTASI MASALAH SOSIO-SAINTIFIK PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 5 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211317066_PUPUT RAHAYUNINGSIH_TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rahayuningsih, Puput. 2017. Implementasi Penelitian Ilmiah Toulmin sebagai Kerangka Analisis Argumentasi Masalah Sosio-Saintifik Pembelajaran IPA di SMPN 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd..
Kata kunci: Toulmin, Argumentasi, Socio-Scientific, IPA, Diskusi
Dewasa ini, banyak peserta didik yang kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya/berargumentasi. Padahal, dengan berargumentasi peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru dan dapat mengasah keterampilan abad 21. Ada beberapa faktor penyebabnya, salah satunya adalah strategi guru yang kurang sesuai dengan karakteristik dari peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lengkap mengenai (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi dengan pendekatan sosio-saintifik, (2) aktivitas selama menerapkan metode pembelajaran diskusi dengan pendekatan socio-saintifik, (3) efektivitas metode pembelajaran diskusi dengan pendekatan sosio-saintifik terhadap peningkatan kemampuan argumentasi, (4) profil kemampuan menganalisis masalah sosio-saintifik, (5) profil kemampuan argumentasi peserta didik berdasarkan kerangka Penelitian Ilmiah Toulmin, (6) faktor-faktor yang mendukung kemampuan argumentasi masalah Sosio-saintifik.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Ponorogo. Tiga puluh sembilan peserta didik berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method yaitu kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif diperoleh dari postes yang berupa soal multiple choise dan kuesioner sosio-emosional yang diolah menggunakan SPSS. Peneliti menggunakan uji statistika Independent sample t-test. Peneliti juga menganalisis rangkuman yang dibuat oleh peserta didik untuk menganalisis kemampuan argumentasi berdasarkan model penelitian ilmiah Toulmin.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi yang diintegrasikan dengan masalah sosio-saintifik baik dari kelas kontrol maupun kelas eksperimen dapat terlaksana dengan lancar meskipun terdapat beberapa kendala saat pembelajaran berlangsung. (2) Aktivitas selama menerapkan metode pembelajaran diskusi yang diintegrasikan dengan pendekatan sosio-saintifik dari peserta didik tergolong lebih aktif. (3) Terdapat perbedaan antara kemampuan argumentasi peserta didik menggunakan model pembelajaran diskusi dan pendekatan sosio-saintifik dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dan model pembelajaran diskusi yang diterapkan di kelas eksperimen berkinerja lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. (4) Kemampuan peserta didik dalam menganalisis masalah sosio-saintifik pada pembelajaran diskusi pada kelas kontrol masih tergolong belum sesuai dengan harapan, sedangkan pada kelas eksperimen sudah memenuhi harapan. (5) Kemampuan argumentasi peserta didik dalam pembelajaran diskusi sudah memenuhi syarat berdasarkan kerangka Penelitian Ilmiah Toulmin. (6) Respons peserta didik dipengaruhi oleh faktor karakter peserta didik, peran guru, strategi yang diterapkan guru pada pembelajaran, dan pembelajaran berkualitas yang dapat mendukung peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:38
Last Modified: 30 May 2021 14:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14156

Actions (login required)

View Item View Item