PENGARUH KONTROL ORANG TUA TERHADAP PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI SISWA DAN KONDISI PSIKOLOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Lestari, Heni (2021) PENGARUH KONTROL ORANG TUA TERHADAP PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI SISWA DAN KONDISI PSIKOLOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HENI LESTARI 210317203.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lestari, Heni. 2021. Pengaruh Kontol Orang Tua Terhadap Pencapaian Standar
Kompetensi Siswa dan Kondisi Psikologis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Ngrayun Tahun Pelajaran 2020/2021.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I

Kata Kunci: Kontrol Orang Tua, Pencapaian Standar Kompetensi, Kondisi
Psikologis Siswa
Pada masa pandemi covid 19 proses pembelajaran berubah dari tatap muka menjadi pembelajaran menggunakan jaringan atau daring. SMP Negeri 2 Ngrayun termasuk salah satu sekolah yang menggunakan sistem pembelajaran daring. Perubahan sistem pembelajaran tersebut ternyata berpengaruh terhadap nilai ujian. Berawal dari nilai hasil UTS siswa semester I kelas VIII di SMPN 2 Ngrayun yang menurun secara drastis saat pembelajaran daring, kemarin, banyak nilai yang di bawah KKM bahkan 0. Semetara ketika di rumah siswa memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk belajar dan mendapat pengawasan dari orang tua. Berangkat dari permasalahan tersebut maka peneliti ingin mengetahui ada / tidaknya pengaruh kontrol orang tua terhadap pencapaian standar kompetensi siswa dan kondisi psikologis siswa kelas VIII SMPN 2 Ngrayun tahun 2020/2021.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada / tidaknya pengaruh kontrol orang tua terhadap pencapaian standar kompetensi siswa kelas VIII SMPN 2 Ngrayun Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Mengetahui ada / tidaknya pengaruh kontrol orang tua terhadap kondisi psikologis siswa kelas VIII SMPN 2 Ngrayun Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data diperoleh populasi jumlahnya 137 siswa, kemudian sampel yang diambil sebanyak 50 dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian di analisis Minitab 16.0 for windows.
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada pengaruh antara kontrol orang tua dengan pencapaian standar kompetensi siswa dengan bukti p-value (0,115) > a (0,05),R-square 5,2% sehingga h01 diterima dengan persamaan regresinya Y= 76,17 + 0,0683X, (2) ada pengaruh antara kontrol orang tua dengan kondisi psikologis siswa dengan bukti p-value (0,000) < a (0,05), R-square 63,7% sehingga h02 ditolak dengan persamaan regresinya Y= 8,15 + 0,228X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:35
Last Modified: 30 May 2021 14:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item