PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I SDN BLIMBING GUDO JOMBANG SELAMA PANDEMI COVID-19

Ningrum, Effiana Cahya (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I SDN BLIMBING GUDO JOMBANG SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617092_EFFIANA CAHYA NINGRUM_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Effiana Cahya, 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Pencapaian
Kompetensi Keterampilan Siswa pada Pembelajaran Daring di
Kelas I SDN Blimbing Gudo, Jombang Selama Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa,
Pandemi Covid-19.
Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya dalam memutus
rantai penyebaran virus Covid-19 diantaranya dengan menerapkan social and
physical distancing. Hal ini berakibat pada pembatasan berbagai a ktivitas
termasuk diantaranya sekolah yaitu dengan diberlakukan kegiatan belajar dari
rumah. Dikarenakan proses pembelajaran ini dilaksanakan di rumah maka
muncullah peran lain dari orang tua yaitu membantu terlaksananya kegiatan
Belajar dari Rumah selama masa Pandemi Covid-19 ini. Peran orang tua ini
berhubungan dengan peran orang tua sebagai motivator, pembimbing, fasilitator
dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa walaupun kegiatan
belajarnya dilaksanakan dari rumah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua
sebagai motivator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa
pada pembelajaran daring di Kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama
pandemi Covid-19. (2) Untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai fasilitator
dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran
daring di Kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. (3)
Untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai pembimbing dalam mendukung
pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di Kelas I
SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu
wawancara,observasi partisipatif dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data
yaitu reduksi data, penyajian data dan analisis data atau penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Peran orang tua sebagai motivator
dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam
pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Pemberian hadiah, memberi
pujian, tanda penghargaan, dan penghormatan. (2) Peran orang tua sebagai
pembimbing dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas
I dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Membantu anak untuk
memahami potensi pada diri anak, m enciptakan suasana yang mendorong
pemikiran kreatif anak, m emberikan kesempatan anak untuk mempraktekkan ide
nya. (3) Peran orang tua sebagai fasilitator dalam mendukung pencapaian
kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam pembelajaran daring selama
pandemi Covid-19. Menfasilitasi anak smartphone yang sudah dilengkapi dengan
jaringan kuota internet, buku t ema dan alat tulis, peralatan alat dan bahan yang
dibutuhkan dalam pembelajaran keterampilan, lingkungan yang nyaman untuk
belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:32
Last Modified: 30 May 2021 14:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item