Representasi Perjuangan Ibu Single Parent Tentang Tanggung Jawab Terhadap Anak Dalam Film Banyu

Putri, Dine Aulian Rifanka (2021) Representasi Perjuangan Ibu Single Parent Tentang Tanggung Jawab Terhadap Anak Dalam Film Banyu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINE UPLOAD E-THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film merupakan media komunikasi yang berupa tayangan gambar atau animasi yang bergerak dan bercerita. Film dapat diartikan sebuah karya seni yang bersifat hidup. Film telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat sebagai sarana hiburan hingga edukasi. Film Banyu adalah sebuah film yang menceritakan bagaimana perjuangan seorang ibu yang diperankan oleh Sri yang membesarkan anaknya bernama Banyu seorang diri di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Serta tuntutan sosial ekonomi dan kisah pemerkosaan dan kekerasan yang Sri alami sejak dini. Peneliti ini mengkaji mengenai bagaimana representasi perjuangan ibu single parent yang dimunculkan dalam film tersebut.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana tanda ikon, indek, simbol perjuangan ibu single parent yang dimunculkan dalam film Banyu tersebut?. Dan yang kedua, bagaimana hasil representasi perjuangan ibu single parent dari hasil Analisa Charles Sanders Pierce dalam film Banyu?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memanfaatkan data kualitatif dan di jabarkan secara deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah, pertama, terdapat tanda-tanda yang signifikan dan bersifat struktural dalam film Banyu. Tanda tersebut ialah ikon, indeks, simbol. Yang diuraikan melalui tabel . Aspek ikonik menampilkan berbagai objek visual tokoh pemeran. Aspek indeksikal cenderung ragam isyarat (petanda) baik verbal ataupun nonverbal dari situasi, kondisi, maupun ekspresi saat beradegan. aspek simbolik cenderung mempresentasikan tokoh dengan berbagai situasi dan kondisi peran yang dimainkan.. Kedua, Representasi hasil dari analisis tanda Charles Sanders Peirce ialah, perhatian dan kasih sayang, mendidik anak, rela bekerja sebagai Pekerja Seks Komersial, ketangguhan, pekerja keras, bertanggung jawab, dan mengalami kekerasan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:31
Last Modified: 30 May 2021 14:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item View Item