Internalisasi NilaI-Nilai Keislaman Melalui Metode Pembiasaan Di MA-Ma'ariF Al-Mukarom Ponorogo

Lestari, Desy Ike Wahyu (2021) Internalisasi NilaI-Nilai Keislaman Melalui Metode Pembiasaan Di MA-Ma'ariF Al-Mukarom Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316196_DESY IKE WAHYU LESTARI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desy. 2021. Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui
Pembiasaan di MA-Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidkan Agama slam Fakultas Ilmu
dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing : Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.

Kata Kunci: Peningkatan, Pengamalan Nilai-Nilai Kesilaman, Pembiasaan

Sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 ditegaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta tanggung jawab kemasarakatan dan kebangsaan. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami dan menanamkan Keislaman dalam kehidupan sehari-hari, beberapa siswa sudah menjalankan ajaran-ajaran-Nya dengan baik ada juga siswa yang sudah memahami namun tidak mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman Nilai-nilai Keislaman pada siswa melalui metode pembiasaan diharapkan dapat menumbuhkan Keimanan dan Ketaqwaan pada diri siswa dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembiasaan yang diterapkan di MA Ma’arif Al-Mukarom Ponorogo serta menegtahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan pembiasaan yang ada di MA Ma’arif Al-Mukarom Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di MA Ma’arif Al-Mukarom Ponorogo. Subyek penelitian adalah guru dan siswa, informan dalam penelitian adalah Kepala sekolah, guru Akhdah Akhlaq, Waka Kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipaka yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif melipiputi: pengumpulan data, redukasi data, penyajan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi Nilai-Nilai Kesilaman pada siswa dengan metode pembiasaan di MA Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo adalah sebagai berikut: a) Berjabat tangan dan mengucap salam b) Membaca al-Qur’an sebelum pelajaraan dimulai c) Sholat dhuha berjamaah c) Sholat Dzuhur berjamaah. Pembiasaan yang di terapkan sebagai upaya untuk menanamkan Nilai-Nilai Keislaman di MA Ma’arif Al-Mukarom Ponorogo baru saja sampai tahap transasksi nilai sehingga perlu upaya lain agar mencapai tahap penanaman nilai dalam diri siswa. Dimana Nilai-Nilai Keislaman benar-benar tertanam dengan baik sehingga menjadi motivasi dalam bertindak dan sebagai pengontrol diri dari pengaruh negatif yang masuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:22
Last Modified: 30 May 2021 14:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item