Pengaruh Keaktifan Dalam Majlis Dzikir Shalawat Wa Ta'lim Nahdlatut Tullab Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Religius Pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo

Mufidah, Maulidatul (2021) Pengaruh Keaktifan Dalam Majlis Dzikir Shalawat Wa Ta'lim Nahdlatut Tullab Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Religius Pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317084_MAULIDATUL MUFIDAH_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mufidah, Maulidatul.2021, Pengaruh Keaktifan Dalam Majlis Dzikir Salawat Wa Ta’lim Nahdlatut Tullab Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Religius Pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd,I
Kata Kunci : Keaktifan Dalam Majlis Dzikir Salawat Wa Ta’lim Nahdlatut Tullab, Pola Asuh Orang Tua, Sikap Religius.
Seorang pelajar muslim haruslah memiliki sikap religius, karena dengan memiliki sikap yang baik dapat menjadi benteng dalam kehidupan agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang buruk. Realita sekarang banyak pelajar yang belum memiliki sikap religius, hal tersebut bisa dikarenakan kurang perhatian dari orang tua atau masyarakat sekitar. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti banyak pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo yang meninggalkan perintah Allah dan menjalankan larangannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh secara signifikan antara keaktifan dalam majlis dzikir salawat wa ta’lim nahdlatut tullab terhadap sikap religius pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo; (2) Untuk mengetahui pengaruh secara signifikan anatara pola asuh orang tua terhadap sikap religius pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo; (3) Untuk mengetahui pengaruh secara signifikan antara keaktifan dalam majlis dzikir salawat wa ta’lim nahdlatut tullab dan pola asuh orang tua terhadap sikap religius pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis regresi linier sederhana, yang datanya berupa angka-angka, populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu dengan mengambil seluruh populasi dengan jumlah 60 pelajar. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Keaktifan dalam majlis dzikir salawat wa ta’lim nahdlatut tullab berpengaruh secara signifikan terhadap sikap religius pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo dalam kategori tinggi, dengan persentase 84,8%. (2) Pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap sikap religius pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo dalam kategori tinggi, dengan persentase 81,9%. (3) Keaktifan dalam majlis dzikir salawat wa ta’lim nahdlatut tullab dan pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap sikap religius pelajar IPNU IPPNU PAC Sukorejo Ponorogo dalam kategori tinggi, dengan persentase 90,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:21
Last Modified: 30 May 2021 14:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item