Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Menunjang Kualitas Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Mlarak Tahun Ajaran 2020/2021

Askolani, Arif (2021) Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Menunjang Kualitas Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Mlarak Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211417031_ARIF ASKOLANI_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Askolani Arif. 2021. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Menunjang Kualitas Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mlarak Tahun Ajaran 2020/ 2021. Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Sarana Prasarana, Kualiats Belajar IPS
Dalam sebuah lembaga pendidikan, sarana dan prasarana merupakan kebutuhan yang krusial baik di tingkat SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Dapat dikatakan sarana dan prasarana merupakan salah satu aspek penentu mutu pendidikan. Bukan hanya sebagai inventaris, sarana dan prasarana merupakan penunjang kualitas pembelajaran. Semakin lengkap sarana dan prasarana, maka tidak ada halangan untuk menvariasi pembelajaran. Variasi tersebut dicptakan untuk manarik perhatian siswa. Jika pembelajaran menarik maka siswa akan dengan senang hati menerima materi. Maka disitulah letak pembelajaran yang bermakna akan diperoleh anak sehingga akan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan (1) mampu melihat pengelolaan sarana dan prasaranaa dalam menunjang kualitas pembelajaran siswa IPS (2) mampu menganalisis implementasi pemanfaatan sarana dan prasaranaa dalam menunjang kualitas pembelajaran belajar siswa IPS (3) mampu memaparkan hasil pengelolaan sarana dan prasaranaa dalam menunjang kualitas pembelajaran siswa IPS.

Untuk menjawab tujuan diatas penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, yang dilakukan di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian bahwa antara guru dengan siswa lebih senang menggunakan alat praga dalam pembelajaran, hal ini karena (1) siswa lebih mudah memahami (2) siswa dapat praktek secara langusng (3) siswa dapat bertanya secara langusng apabila ada tidak memahami. Masa covid-19 ini. Pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh membutuhkan pengoptimalan pada media internet. Dalam uapaya pengadaan sarana dan prasarana pihak sekolah selalu berunding tentang apa yang akan di adakan atau dibeli dengan menekankan beberapa aspek (1) aspek perencanaan (2) aspek pengadaan (3) aspek pendistribusian (4) aspek pemeliharaan (5) aspke penghapusan. Maka bukan suatu organisasi jika tanpa adanya faktor pendukung dan faktor penghambat maka kedua faktor tersebut bersumber dari adanya dana pengelolaan. Dengan demikian jika pengelolaan sarana prasarana terpenuhi maka tujuan dari pengelolaan tersebut akan tercapai dengan baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:20
Last Modified: 30 May 2021 14:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14142

Actions (login required)

View Item View Item