Persepsi Warga NU Terhadap Budaya Lokal (Studi Kasus Penyembelihan Kambing Kendit Di Situs Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun)

Hudayana, Bintang Ilman Jamil (2021) Persepsi Warga NU Terhadap Budaya Lokal (Studi Kasus Penyembelihan Kambing Kendit Di Situs Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BINTANG ILMAN J H 210317021 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hudayana,Bintang Ilman Jamil.2021.Persepsi Warga NU Terhadap Budaya Lokal (Studi Kasus di Situs. Ngrawan, Desa/Kecamatan. Dolopo, Kabupaten. Madiun). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Kharisul Wathoni, M. Pd.I.
Kata kunci: Warga NU, Budaya.
Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama islam yang terbentuk pada 1926 yang lahir dari pesantren, pendirinnya adalah K.H. Hasyim As’ari. Organisasi ini menganut paham ahlusunnah wal jama’ah. Kebudayaan jawa sedikit banyak nya masih menjiwai kehidupan dan tata niat masyarakat jawa lahir dan batin. Orang Jawa baik itu yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi maupun orang biasa pasti suatu saat memperlihatkan pola perilaku baik yang berupa gagasan, ide maupun tindakan yang kejawaan, Misalnnya budaya penyembelihan kambing kendit yang masih dilakukan oleh warga Dusun Ngrawan sebagai sarana untuk menggelar sebuaha cara gembrungan, tahlilan dan pembuatan jenang sengkolo serta acaraa papun yang itu dilaksanakan di dusun ngrawan harus melaksanakan penyembelihan kambing kendit agar tidak terjadi musibah apapun.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana sikap warga NU adannya budaya lokal di situs Dusun. Ngrawan, Desa/Kecamatan. Dolopo Kabupaten. Madiun. (2) Untuk mengetahui bagaimana sudut pandang akidah warga NU terhadap budaya lokal di Situs. Ngrawan, Desa/Kecamatan.Dolopo Kabupaten. Madiun. (3) Untuk mengetahui sudut pandang sosial budaya warga NU terhadap keberadaan warisan budaya lokal di Situs. Ngrawan, Desa/Kecamatan. Dolopo. Kabupaten. Madiun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data nya menggunakan tiga tahap, yaitu taha preduksi data, display dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1. Sikap warga NU dusun ngrawan pada sebuah tradisi yang dilaksanakan di Dusun Ngrawan ini sangat responsive dan tradisi tersebut sudah ada sejak zaman nenek moyang dahulu dan juga sebuah warisan yang harus dilestarikan dengan baik. 2. Sudut pandang akidah warga NU pada sebuah tradisi penyembelihan kambing kendit ini mempunyai kepercayaan yang menjadikan tindakan kehidupan manusia untuk lebih percaya kepada Allah Swt melalui sebuah tradisi-tradisi yang dilaksanakan oleh warga nu dusun ngrawan baik itu berupa tahlilan, wiridan, gembrungan, dan kirim doa kepada leluhur. 3. Sudut pandang sosial warga NU yang ada di dusun ngrawan tentang penyembelihan kambing kendit ini sangat mendukung dan antusias terhadap keberadaan warisan budaya lokal tersebut, karena untuk menghindari musibah yang tidak diinginkan, bahkan warga dusun ngrawan sangatlah semangat dan bergotong royong dalam prosesi ritual tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:19
Last Modified: 30 May 2021 14:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item