Pengajian Kitab al-Mawa’iz al-Usfuriyah dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Masyarakat Desa Cekok Sidomulyo (Studi Kasus Pengajian Sabtu Pagi di Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” Cekok Sidomulyo, Babadan, Ponorogo)

Manasikana, Arina (2021) Pengajian Kitab al-Mawa’iz al-Usfuriyah dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Masyarakat Desa Cekok Sidomulyo (Studi Kasus Pengajian Sabtu Pagi di Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” Cekok Sidomulyo, Babadan, Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Arina_Manasikana_210317185.pdf

Download (884kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Manasikana, Arina. 2021. Pengajian Kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Masyarakat Desa Cekok Sidomulyo (Studi Kasus Pengajian Sabtu Pagi di Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” Cekok Sidomulyo, Babadan, Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah R., M. Pd.I.

Kata Kunci: Pengajian, Kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah, Penanaman Nilai-Nilai Akhlak, Masyarakat Desa Cekok

Akhlak mulia merupakan buah yang dihasilkan dari proses penerapan ajaran Islam. Terwujudnya akhlak mulia di tengah-tengah kehidupan masyarakat merupakan misi pokok kehadiran Nabi Muhammad Saw. di muka bumi dengan proses yang panjang. Namun seiring berjalannya waktu, eksitensi akhlak mulia semakin menurun kualitasnya, dan apabila dibiarkan terus menerus akhlak mulia ini akan menghilang. Jika demikian, bukan tidak mungkin kehidupan masyarakat akan menjadi masyarakat yang tidak berperadaban. Salah satu cara yang cukup efektif untuk bisa mempertahankan akhlak mulia di tengah-tengah kehidupan masyarakat adalah melalui pendidikan, khususnya dalam kegiatan pendidikan Islam seperti kegiatan pengajian yang dilaksanakan Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” Desa Cekok Sidomulyo. Kegiatan pengajian dapat dipahami sebagai suatu institusi dakwah yang menyelenggarakan pendidikan agama bercirikan non formal dan juga sebagai wadah untuk pembinaan atau pun penanaman nilai-nilai akhlak dan ibadah kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap alasan kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah dikaji dalam pengajian Sabtu pagi di Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” Desa Cekok Sidomulyo, Babadan, Ponorogo, (2) memaparkan pelaksanaan pengajian kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah di Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” Cekok Sidomulyo, Babadan, Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan kontribusi pengajian kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah dalam penanaman nilai-nilai akhlak pada masyarakat Desa Cekok Sidomulyo, Babadan, Ponorogo.
Untuk menjawab penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan referensi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan kesimpulan; 1) Pemilihan kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah untuk dijadikan bahan kajian pengajian Sabtu pagi Pondok Pesantren Tartilul Qur’an “Ad-Dasuki” disebabkan karena kitab tersebut sangat cocok dikaji dengan kondisi kehidupan lingkungan masyarakat Desa Cekok Sidomulyo yang masyarakatnya masih pemula. Diharapkan dengan mengkaji kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah yang pembahasannya lebih ringan dan memuat 40 hadits Nabi Muhammad Saw. beserta kisah-kisah motivasi yang patut dijadikan untuk tuntunan bagi masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari, 2) pelaksanaan pengajian kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi dimulai tepat pukul 06.00 sampai 08.00 WIB, dengan rincian acara yaitu pembukaan diawali dengan berdoa dan pembacaan tahlil, kajian kitab, sesi tanya jawab, dan terakhir pelaksanaan sholat dhuha berjamah. Proses pelaksanaan pengajian kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah menggunakan metode wetonan dan metode ceramah, 3) Pengajian kitab al-Mawa>’iz} al-Us}fu>riyah sangat berkontribusi dalam hal memberikan siraman rohani atau syiar dakwah Islami untuk perubahan baik bagi masyarakat, khususnya dari segi akhlaknya. Dengan adanya pengajian ini, masyarakat sedikit demi sedikit akan mendapatkan pencerahan dan menambah wawasan ilmu keagamaan, guna memperdalam ilmu agama Islam dan wahana dalam meningkatkan kualitas moral dan akhlak masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:18
Last Modified: 30 May 2021 14:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item