Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Peta Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas V di SD Negeri Jetis Ponorogo

Fitrianingrum, Riska (2021) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Peta Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas V di SD Negeri Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RISKA FITRIANINGRUM_210617073_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di kelas V SD Negeri Jetis Ponorogo selama ini masih mengunakan media video dan menggunakan strategi ceramah (konvensional). Akibatnya siswa kurang tertarik dan mengalami kejenuhan pada saat kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang tuntas hanya 4 siswa dengan presentase (44,44%) sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa dengan presentase (55,56%).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta tematik pada siswa kelas V di SD Negeri Jetis Ponorogo dan mengetahui hasil belajar pokok bahasan sejarah kerajaan Islam di Indonesia menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta tematik pada siswa kelas V di SD Negeri Jetis Ponorogo.
Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran inkuiri dengan berbantuan media peta tematik bagi siswa kelas V di SD Negeri Jetis Ponorogo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan 2 jam pelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta tematik pada siswa kelas V dengan membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3 siswa kemudian siswa mendapatkan soal yang harus dijawab dan didiskusikan sesuai dengan yang mereka pahami dari kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti yang berisi tentang kegiatan mengamati, menanya, berdiskusi dan tanya jawab. Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V yang terdiri dari 9 siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus pertama pecapaian ketuntasan sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 72,22 dan pada siklus kedua pencapaian ketuntasan sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 84,44.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati, M.Pd.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:17
Last Modified: 30 May 2021 14:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item