PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS 2 DI MIN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020

Fuadi, Zainul (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS 2 DI MIN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210615143 PGMI ZAINUL FUADI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fuadi, Zainul. 2020. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Demonstrasi Bagi Siswa Kelas 2 Di Min 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh Mukhlas, M. Pd.

Kata Kunci:Pemahaman Siswa, Keaktifan Siswa, Metode Demontrasi.
Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Matematika di kelas 2 MIN 1 Ponorogo dikarenakan beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut yaitu guru masih menggunakan system pembelajaran yang konvensional yaitu dengan ceramah dan penugasan, dan pendekatan pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan siswa belum dapat memahami sepenuhnya penjelasan tentang materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 7,5. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diupayakan dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan asumsi diatas maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode Demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran Matematika menggunakan metode Demonstrasi pada siswa kelas II MIN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran Matematika menggunakan metode Demonstrasi pada siswa kelas II MIN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari subJek penelitian yaitu semua siswa kelas II Al-Farabi yang berjumlah 24 siswa.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa yakni sebesar 37,4%. Hal ini dapat dilihat dari capaian tes pemahaman pada siklus 1 sebesar 54,2% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 91,6% siswa mencapai nilai KKM. (2) penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa yakni sebesar 17,7%, yang semula di siklus I hanya 63,5 % meningkat menjadi 81,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa kelas II Al-Farabi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pengukuran berat di MIN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:15
Last Modified: 30 May 2021 14:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item