Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Di MTs. Al-Imam Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Triasih, Runi (2021) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Di MTs. Al-Imam Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RUNI TRIASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Triasih, Runi, 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Di MTs. AL-IMAM Sawoo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni M. Pd. I.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan belajar siswa. Motivasi merupakan keinginan atau dorongan yang muncul pada diri seseorang untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan. Motivasi bisa juga timbul karena adanya kebutuhan-kebutuhan lainnya. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan memberikan hasil baik. Usaha yang tekun yang didasari motivasi, maka siswa yang belajar tersebut akan mendapat semangat yang baik sehingga membawa prestasi dari apa yang telah mereka tekuni dan yakini. Motivasi belajar dapat timbul karena adanya banyak faktor salah satunya adalah lingkungan keluarga dan teman sebaya, mereka sering berkomunikasi dan bertemu hal ini dapat mempengaruhi naik turunnya semangat dan motivasi belajar siswa dalam mencapai cita-citanya.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo. (2) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo. (3) Menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh antara lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk expost facto. Adapun sumber data diperoleh dari populasi yang berjumlah 106 siswa yang kemudian 83 siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo tersebut digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik sampel yang digunakan yaitu Stratified Proporsional Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo memiliki lingkungan keluarga dengan kategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dengan bukti Fhitung (28,599) > Ftabel 3,96 dengan pengaruh sebesar 26,1%, (2) siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo memiliki teman sebaya dengan kategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap motivasi belajar dengan bukti Fhitung (75,842) > Ftabel 3,96 dengan pengaruh sebesar 48,4%, (3) siswa di MTs. AL-IMAM Sawoo memiliki motivasi belajar dengan kategori sedang dan secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi belajar dengan bukti Fhitung (39,268) > Ftabel (3,96) dengan pengaruh sebesar 49,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:14
Last Modified: 30 May 2021 14:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14133

Actions (login required)

View Item View Item