..(GUNAKAN SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Kepala Madrasah dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik di Madrasah Diniyyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun

Budairi, Achmad (2021) ..(GUNAKAN SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Kepala Madrasah dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik di Madrasah Diniyyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502190050_ACHMAD BUDAIRI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENDAYAGUNAKAN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH DINIYAH AL- BAZARIYYAH TEMPURSARI WUNGU MADIUN

ABSTRAK

Tenaga pendidik yang dapat diandalkan dan berkualitas memainkan peran utama dalam proses meningkatkan kinerja. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja tenaga pendidik adalah strategi kepala madrasah untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan motivasi yang benar. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tidak dapat dipisahkan dari strategi kepemimpinan lembaga pendidikan madrasah diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis hal-hal berikut: (1) Peran Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik, (2) Strategi Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik (3) untuk menemukan dan menganalisis hambatan dan solusi Kepala Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan melalui metode: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tiga baris, yaitu, menyajikan data, reduksi data dan kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa peran dan strategi kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan pendayagunaan tenaga pendidik di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun, ini ditunjukkan oleh keberadaan pendidik, selalu disiplin, pada waktunya untuk bekerja, pembagian tugas sesuai kompetensi dan keahlian, pada sisi lain, kepala madrasah dapat dikatakan memiliki sifat lembut, sopan dan bersikap kekeluargaan dengan semua tenaga pendidik,serta ambil bagian dalam memberi solusi setiap masalah yang ada, mencarikan jalan keluar dari hambatan yang ada serta menjaga kebersamaan di lingkungan madrasah. Saran yang disajikan oleh peneliti konstruktif, yaitu untuk mencapai hasil maksimal dalam mendayagunakan tenaga pendidik pendekatan personal harus lebih diutamakan. Tanpa membedakan diantara semua tenaga pendidik, menghindari sedapat mungkin munculnya konflik dalam lingkungan madrasah diniyah Al-Bazariyyah.

MADRASAH HEAD'S STRATEGY IN EMPOWERING EDUCATORS INMADRASAH DINIYAH AL-BAZARIYYAH
TEMPURSARI WUNGU MADIUN

ABSTRACT

Reliable and qualified educators play a major role in the process of improving performance. Several factors that can affect the performance of educators are the strategy of the head of madrasah to create a good work environment and correct motivation. The role of madrasah heads in improving performance is inseparable from the leadership strategy of madrasah diniyah educational institutions. This study aims to find and analyze the following: (1) The Role of The Head of Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun in Empowering Educators, (2) Strategy of The Head of Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun in Using Educators (3) to find and analyze the tastes and solutions of the Head of Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun in Utilizing Educators. The approach used in this study is a qualitative approach with this type of field research. Data collected through methods: interviews, observations and documentation. Data analysis techniques with three lines, that is, present data, data reduction and conclusions. This study found that the role and strategy of the head of madrasah leadership can improve the utilization of educators in Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun, this is shown by the presence of employees, always disciplined, in time to work, the division of tasks according to competence and expertise, on the other hand, the head of madrasah can be said to have a gentle, polite and familial nature with all educators, as well as take part in member solutions to every problem that exists , maintain togetherness in the madrasah environment. The advice presented by constructive researchers, namely to achieve maximum results in utilizing educators personal approach should take precedence. Without distinguishing between all educators, avoiding the emergence of conflict in the madrasah diniyah Al-Bazariyyah environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:13
Last Modified: 30 May 2021 14:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item