Tradisi Selamatan Sedekah Bumi sebagai Komunikasi Non Verbal Masyarakat di Desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo

Ratnasari, Lia Rahayu (2021) Tradisi Selamatan Sedekah Bumi sebagai Komunikasi Non Verbal Masyarakat di Desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LIA RAHAYU RATNASARI SKRIPSI_UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lia Rahayu Ratnasari. 2021. Tradisi Selamatan Sedekah Bumi sebagai Komunikasi Non Verbal Masyarakat di Desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Agus Romdlon S, M.H.I.
Kata Kunci : Tradisi, Sedekah Bumi, Komunikasi Non Verbal

Tradisi sedekah bumi di desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo merupakan tradisi rutin yang dilakukan masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukur dan merekatkan silaturahmi. Tradisi tersebut menariknya mampu memberikan motivasi bagi desa sekitar untuk ikut serta menjaga (ngrumat) kebudayaan setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna di balik pesan-pesan non verbal yang disampaikan dalam tradisi selamatan sedekah bumi di desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo.
Adapun rumusan masalahnya yaitu (1) bagaimana tradisi selamatan sedekah bumi sebagai komunikasi non verbal masyarakat di desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo? (2) bagaimana makna simbol piranti-piranti dalam selamatan sedekah bumi sebagai komunikasi non verbal masyarakat di desa Mojorejo Kec. Jetis Kab. Ponorogo?. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dan interaksi simbolik dengan teori komunikasi non verbal.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Selamatan sedekah bumi menyampaikan pesan non verbal berupa gerakan tubuh masyarakat desa Mojorejo saat melantunkan do’a dengan menengadahkan kedua tangan di depan dada. Selain itu ketika prosesi peletakan salah satu ubo rampe yaitu cok bakal di sudut area persawahan juga menggambarkan proses penyampaian pesan secara non verbal kepada alam (2) Piranti-piranti yang disebut ubo rampe merupakan simbol masyarakat Jawa untuk melakukan do’a dengan harapan do’a tersebut diterima. Simbol memungkinkan manusia boleh memberi nama, memberi pelabelan, bahkan mengartikan simbol sesuai dengan persepsi yang dikehendaki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Romdlon S
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:10
Last Modified: 30 May 2021 14:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item