PENGARUH MODEL CONCEPTUAL CHANGE MELALUI PENDEKATAN STEM EDUCATION TERHADAP REDUKSI MISKONSEPSI

Rohmah, Risma Ulinnuha (2021) PENGARUH MODEL CONCEPTUAL CHANGE MELALUI PENDEKATAN STEM EDUCATION TERHADAP REDUKSI MISKONSEPSI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211317071 RISMA ULINNUHA ROHMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmah, Risma Ulinnuha. 2021. Pengaruh Model Conceptual Change Melalui Pendekatan STEM Education Terhadap Reduksi Miskonsepsi. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Isntitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata Kunci : Model Conceptual Change, STEM Education, Reduksi Miskonsepsi.

Konsep yang diyakini oleh siswa yang tidak sesuai dengan pemahaman konsep para ahli disebut sebagai miskonsepsi. Miskonsepsi memiliki 4 konsekuensi utama yaitu 1) prestasi rendah, 2) berdampak pada topik lain, 3) psikologi siswa, 4) masalah pengelolaan kelas. Model pembelajaran yang efektif digunakan dalam mengatasi miskonsepsi pada siswa menurut beberapa penelitian salah satunya menggunakan model conceptual change dikarenakan ada fase penciptaan konflik konseptual di dalamnya. Pendekatan yang digunakan untuk mendukung model pembelajaran ini yaitu dengan menggunakan pendekatan STEM Education. Pendidikan STEM sendiri memiliki beberapa kelebihan yaitu keberadaan pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) yang menawarkan mata pelajaran multidisiplin dengan bahan ajar yang inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran model Conceptual Change melalui pendekatan STEM Education, 2) Mengetahui aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaran model Conceptual Change melalui pendekatan STEM Education, 3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Conceptual Change Melalui Pendekatan STEM Education, 4) Mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran Conceptual Change melalui pendekatan STEM Education terhadap reduksi miskonsepsi pada tema “Sistem Pernapasan Manusia” Kelas VIII MTsN 3 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen yaitu menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan rancangan berupa Randomize Pretest Postest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 190 siswa dengan mengambil sampel dari empat kelas yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 100 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji N-Gain, dan uji ancova.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa, 1) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model conceptual change melalui pendekatan STEM education secara daring (online) sudah terlaksanakan dengan baik, 2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dikatakan cukup aktif, 3) Hasil respon siswa mayoritas memiliki respon setuju pada penggunaan model conceptual change berbasis STEM education sehingga hal ini positif untuk diterapkan dalam pembelajaran, 4) terdapat perbedaan antara reduksi miskonsepsi siswa menggunakan model pembelajaran conceptual change berbasis STEM education dengan tanpa menggunakan model tersebut pada mata pelajaran IPA dengan tema sistem pernapasan manusia di MTs Negeri 3 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:03
Last Modified: 30 May 2021 14:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14122

Actions (login required)

View Item View Item