NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Dinulkholiq, Alkanol Vio Awalu (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316216_ALKANOL VIO AWALU DINULKHOLIQ_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dinulkholiq, Alkanol Vio Awalu. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Dan Releveansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam
Saat ini dunia pendidikan semakin berkembang sangat pesat. Sumber-sumber dari pendidikan Islam tidak hanya berasal dari al-Qur’an, hadits, kitab-kitab Islam, maupun buku-buku yang berkaitan dengan sejarah Islam. Namun juga bisa didapatkan dari karya-karya sastra, baik dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis yang tentunya semua ini mengandung nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya. Contoh karya terdebut adalah Novel. Dengan perkembangn ini, karya seperti novel Bulan Terbelah di Langit Amerika cukup laris dipasaran karena terkandung nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya, yang mana nilai-nilai tersebut dapat diserap dan diaplikasikan dalam kehidupan melalui proses pendidikan Islam. Tentunya juga semua tersebut haruslah sesuai dengan tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri.
Melihat hal ini, peneliti melakukan penelitian tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam dengan judul: Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Fokus utama dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika? 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika dengan tujuan pendidikan Islam?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Sumber data dalam penelitian Library Research dapat diperoleh dari berbagai sumber pustaka seperti jurnal penelitian, skripsi, tesis, disertasi, buku teks, laporan penelitian, makalah, laporan seminar, karya ilmiah, maupun sumber-sumber pustaka resmi dari pemerintah atau dari lembaga lain. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yakni peneliti membaca keseluruhan novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika kemudian menganalisis data yang diperlukan untuk menunjang penelitian
Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika meliputi nilai aqidah yang terangkum dalam rukun iman, kemudian nilai akhlak meliputi berbaik sangka, optimis dan pantang menyerah, serta selalu sabar dan ikhlas, selanjutnya nilai syariah meliputi ibadah sehari-hari seperti syahadat, sholat, puasa, serta sedekah. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan Islam. Secara hakiki menjadikan manusia sebagai makhluk Allah SWT. yang memenuhi konsep insan kamil, berakhlak mulia, serta selalu beribadah hanya kepada Allah SWT. Nilai aqidah relevan dengan tujuan pendidikan dalam aspek keyakinan dan kepercayaan umat muslim kepada Allah SWT. serta seluruh ciptaan dan kuasa-Nya, nilai akhlak relevan dengan tujuan pendidikan Islam dalam aspek perilaku seorang muslim yang sesuai dengan konsep insan kamil yakni berakhlak mulai dan beramal soleh, dan nilai syariah relevan dengan tujuan pendidikan Islam dalam aspek ibadah yang mana manusia hidup di dunia dalam rangka beribadah serta mempersiapkan diri sebelum hari yang abadi tiba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 14:02
Last Modified: 30 May 2021 14:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item