Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sholikin, Rizkio (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317326_RIZKIO SHOLIKIN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sholikin, Rizkio. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri. Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M. Ag
Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Hasil belajar merupakan sebuah tolak ukur sejauh mana pemahaman siswa terkait materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh gurunya. Secara garis besar ada 4 faktor yang memperngaruhi hasil belajar yaitu faktor lingkungan, faktor instrumental, faktor kondisi fisiologis dan faktor kondisi psikologis. Namun anehnya di SMA Negeri 1 Sambit ini banyak siswa yang mendapatkan nilai mata pelajaran pendidikan agama islam dibawah KKM. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena di SMAN 1 Sambit menggunakan model pembelajaran baru yaitu pembelajaran daring. sehingga baik buruknya nilai siswa tergantung pada baik atau tidaknya pembelajaran daring disana. Hal inilah yang menarik peneliti ingin meneliti apakah benar pembelajaran daring mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Statistik Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik Angket dan Tes. Serta dalam menganalisis datanya menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 0,065 atau sebesar 6,5 % . Sementara 93,5 % dipengaruhi oleh faktor lain, baik faktor lingkungan, faktor kondisi fisiologis maupun faktor kondisi psikologis siswa yang sudah dipengaruhi oleh pembelajaran daring itu sendiri. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penelitian ini menerima ha dan menolak h0.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Mifthahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 13:56
Last Modified: 30 May 2021 13:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item