..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pembiasaan Salat Tahajud Dan Salat Dhuha Dalam Penurunan Tingkat Kecemasan Santri Putri di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Lestari, Eka Puji (2021) ..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Pembiasaan Salat Tahajud Dan Salat Dhuha Dalam Penurunan Tingkat Kecemasan Santri Putri di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317017 EKA PUJI LESTARI PAI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Lestari, Eka Puji 2021. Pembiasaan Salat Tahajud dan Salat Dhuha Dalam Penurunan Tingkat Kecemasan Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.

Kata Kunci: Salat Tahajud, Salat Dhuha, Kecemasan.

ABSTRAK

Kecemasan merupakan keadaan atau gangguan pada kondisi kejiwaan individu dimana individu mengalami perasaan kurang nyaman atau kekhawatiran. Kecemasan ini dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja termasuk oleh santri yang sedang menimba ilmu di Pondok Pesantren.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kecemasan yang dialami santri dan mengetahuidampak pembiasaan salat tahajud dan dhuha terhadap kecemasan santri putri di Pondok Pesantren Al-Brokah, Mangunsuman, Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah Pondok Pesantren Al-Barokah yang terletak di Mangunsuman, Siman, Ponorogo.Data Primer penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al-Barokah Siman Ponorogo, Pengurus Pondok Pesantren Al-Barokah Siman Ponorogo dan santri pelaku salat tahajud dan dhuha. Data Sekunder penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang pembiasaan salat dhuha dan salat tahajud di Pondok Pesantren Al Barokah, Ponorogo. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data, yaitu Reduction data, display data, dan conclusion drawing/verification. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dab Huberman.
Hasil Penelitian menunjukkan beberapa hal berikut 1) Salat dhuha dan tahajud dipilih sebagai pembiasaan di Pondok pesantren Al barokah karena merupakan salat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. 2) Berbagai penyebab kecemasan yang dialami oleh para santri di Pondok Pesantren Al-Barokah muncul berdasarkan lingkungan keluarga karena ketakutan kekurangan uang dan lingkungan sosial yaitu lingkungan belajar. 3) Kecemasan yang dialami oleh santri Putri di Pondok Pesantren Al-Barokah mengalami penurunan setelah mengikuti pembiasaan sholat dhuha dan sholat tahajud.Penurunan kecemasan yang dialami oleh santri Putri di Pondok Pesantren Al-Barokah sebesar 18,2%.

Kata Kunci : Kecemasan, Santri, Salat Tahajud dan Dhuha

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 13:54
Last Modified: 30 May 2021 13:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item