Implementasi Metode Lauhun dan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Juz'Amma dan Doa-Doa Harian Di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo

Jajuli, Isrokah (2021) Implementasi Metode Lauhun dan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Juz'Amma dan Doa-Doa Harian Di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-210317330-ISROKAH JAJULI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jazuli, Isrokah, 2021. Implementasi Metode Lauhun dan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Mengafal Juz’amma dan Doa-Doa Harian di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M. Pd. I
Kata Kunci: Metode Lauhun, Metode Sorogan, Menghafal Juz’amma
Menghafal merupakan pekerjaan yang cenderung sulit dari pada membaca, karena menghafal berkaitan dengan ingatan (memory) bagaimana informasi disimpan dalam ingatan, dipertahankan setelah disajikan dan diungkap dikemudian hari, untuk mencapai tujuan menghafal yang baik dan melekat pada ingatan dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Seperti Madrasah Diniyah Al-Fatah awalnya menerapkan metode sorogan saja tetapi belum mampu menunjang hafalan peserta didik sehingga harus mencari alternatif lain yaitu dengan menambah metode pembelajaran, yaitu metode lauhun untuk meningkatkan kualitas menghafal juz’amma dan doa-doa harian.
Penelitian ini terkait implementasi metode lauhun dan metode sorogan dalam meningkatkan Kualitas menghafal juz’amma dan doa-doa harian di Madrasah Diniyah Al-Fatah Wates Slahung Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendiskripsikan implementasi metode lauhun dan metode sorogan dalam meningkatkan kualitas menghafal juz’amma dan doa-doa harian, mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode lauhun dan metode sorogan, mendiskripsikan evaluasi dan hasil belajar juz’amma dan doa-doa harian dengan menggunakan metode lauhun dan metode sorogan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, ustadzah serta peserta didik Madrasah. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles Hubermen dan Saldana, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilengkapi dengan teknik-teknik pengkodean.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) pengimplemntasianya dengan cara ditulis dipapan tulis dua sampai tiga ayat surah atau satu doa, peserta didik disuruh menulis, pelafadtan secara berulang-ulang, adanya sambung ayat, dihafalkan oleh peserta didik dengan caranya masing-masing, kemudian penyetoran hafalan dan muroja’ah dengan cara mengantri satu persatu menghadap ustadz dan ustadzahnya sambil membawa kartu prestasi hafalan juz’amma dan doa-doa harian. (2) Faktor pendukung dan penghambat: (a) faktor pendukung: mudah diterapkan tidak adanya sertifikasi khusus, sarana prasarana, dukungan dari keluarga serta pembiasaan. (b) faktor penghambat: mengeluh saat menulis, bising saat setoran dan muroja’ah, sering tidak masuk Madrasah, dan kurang adanya dukungan dari keluarga. (3) evalusi dan keberhasilan bejar menghafal: (a) evaluasi, dengan cara pretest dan postest, evaluasi diagnostik, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. (b) keberhasilan belajar menghafal: hafalan peserta didik meningkat, mudah dalam menghafalkan, tidak mudah lupa, dan adanya perkembangan pada ranah kognitif, afektif dan pskomotoriknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 13:52
Last Modified: 30 May 2021 13:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item