Analisis Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19

Wahyuningtias, Eva Duwi (2021) Analisis Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317010_EVA DUWI WAHYUNINGTIAS_TADRIS IPA.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Wahyuningtias, Eva Duwi. 2021. Analisis Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci : Ide, Guru IPA, Praktikum IPA, Pandemi Covid-19
Di masa pandemi covid-19 di Indonesia pada saat ini semua sekolah harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Sistem pembelajaran yang awalnya tatap muka di dalam kelas, ini bukan tidak mungkin lagi digantikan oleh sistem pembelajaran integrasi melalui internet (online). Jika dalam kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dan kesulitan belajar tersebut dibiarkan, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal. Dalam mengatasi kesulitan tersebut, peserta didik memerlukan bantuan, baik dalam mencerna materi pelajaran maupun dalam mengatasi hambatan lainnya. Sehingga guru membutuhkan kreativitas dalam mencari ide dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19. 2) menjelaskan upaya guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19. 3) menjelaskan apa saja faktor yang mempengaruhi adanya ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19 di MTsN 6 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 6 Ponorogo. Ada tiga guru IPA yang menjadi objek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara secara langsung secara mendalam sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19 yaitu dengan melaksanakan praktikum IPA secara sederhana dengan alat dan bahan yang ada di sekitar rumah peserta didik. 2) Upaya guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19 antara lain dengan memberikan penuntun praktikum secara jelas dan mudah dipahami peserta didik, mengadakan sesi waktu bertanya untuk peserta didik agar peserta didik dapat menanyakan hal terkait praktikum yang akan dilakukan, guru IPA memilihkan tema materi yang sesuai dengan kondisi saat ini, praktikum yang dilakukan tidak memberatkan peserta didik. 3) Faktor yang mempengaruhi ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19 antara lain dengan melihat berbagai macam kondisi latar belakang peserta didik, ekonomi keluarga, tujuan dari pembelajaran, kondisi lingkungannya, kemampuan guru IPA dalam berfikir kreatif dan inovatif, selain itu kemauan dari pendidik membuat praktikum agar tidak membosankan, waktu pelaksanaan kegiatan praktikum, keterbatasan kuota internet, keterbatasan handphone yang support untuk mengakses platform, banyaknya keluhan tentang hal seperti kuota internet, sinyal terlampau sulit, dan juga ada beberapa yang berkeluhan tidak supportnya handphone yang digunakan. Selain itu, ada faktor lain agar peserta didik termotivasi untuk bisa belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 13:50
Last Modified: 30 May 2021 13:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item