IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ORGANISASI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATAI DI DESA PATIHAN KIDUL SIMAN PONOROGO

Nasiroh, Aserun (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ORGANISASI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATAI DI DESA PATIHAN KIDUL SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
aserun nasiroh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aserun, Nasiroh, 2021, “Implmentasi Pendidikan Akhlak Dalam Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Desa Patihan Kidul Siman Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ahmad Lutfi, M.Fil.I

Kata Kunci : Pendidikan akhlak, Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate

Akhlak generasi bangsa Indonesia pada zaman modern sekarang ini menghadapi banyak tantangan yang cukup besar hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya akses internet yang berdampak pada perilaku moral, sehingga banyak generasi yang mudah terpengaruh dengan perilaku negative dalam lingkungan pergaulannya.. sejalan dengan hal tersebut organisasi pencak silat diharapkan dapat memberi jawaban atas keresahan yang di rasakan sebagian orang tua dan lingkungan. Melalui organisasi pencak silat tersebut menaruh harapan besar terlebih dapat menjadi benteng lingkungan dari hal-hal negative.
Berkenan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Implementasi Pendidikan Akhlak, (2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pendidikan Akhlak, (3) untuk mengetahui Dampak Implementasi Pendidikan Akhlak.
Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dari perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman dengan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate desa Patihan Kidul Siman Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Implementasi Pendidikan Akhlak yaitu Berjabat tangan sebelum dan sesudah latihan, berdo’a sebelum dan sesudah latihan, sopan santun dalam berbicara, disiplin waktu, saling menghotmati. (2) Faktor pendukung dalam implementasi penddikan akhlak yaitu minat siswa, , keikhlasan pelatih, kualitas pelatih, lingkungan dan fasilitas. Dan adapun factor penghambatnya yaitu kehadiran siswa yang tidak konsisten, Karakteristik siswa yang berbeda-beda dan kondisi pelatih, (3) Dampak dalam Implementasi Pendidikan Akhlak siswa yang selalu menerapkan pendidikan akhlak tentunya siswa tersebut mempunyai pribadi yang bauk juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Lutfi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 12:16
Last Modified: 30 May 2021 12:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item