Penanaman Karakter Religius dan Disiplin Melalui Program Membaca al-Qur'an dan Sholat Dhuha pada Siswa Kelas X MAN 3 Madiun

Nuraini, Kusnul Fauziah (2021) Penanaman Karakter Religius dan Disiplin Melalui Program Membaca al-Qur'an dan Sholat Dhuha pada Siswa Kelas X MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KUSNUL FAUZIAH NURAINI 210317187.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nuraini, Kusnul Fauziah. 2021. Penanaman Karakter Religius dan Disiplin Melalui Program Membaca Al-Qur’an dan Sholat Dhuha pada Siswa Kelas X MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I
Kata Kunci: Karakter Religius, Karakter Disiplin, Program Membaca Al-Qur’an dan Sholat Dhuha
Karakter bangsa kini semakin menurun, hal tersebut disebabkan adanya arus grobalisasi negatif. Sekolah memiliki peran sangat penting dalam menanamkan karakter pada siswa. Sekolah tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan semata, namun juga harus memberikan pembelajaran berorientasi nilai pada siswa, diantaranya adalah karakter religius dan disiplin. Karakter religius dan disiplin sangat penting untuk membantu siswa menciptakan perilaku baik serta menjaga hubungan intrapersonal siswa. Pendidikan karakter di sekolah bisa melalui kultur atau budaya. Salah satunya adalah MAN 3 Madiun yang menanamkan karakter religius dan disiplin pada siswa melalui kegiatan positif yang dibiasakan. Kegiatan tersebut adalah membaca al-Qur’an dan sholat dhuha.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan program al-Qur’an dan sholat dhuha pada siswa kelas X di MAN 3 Madiun, (2) mengetahui dampak program membaca al-Qur’an dan sholat dhuha terhadap karakter religius siswa kelas X di MAN 3 Madiun, (3) mengetahui dampak program membaca al-Qur’an dan sholat dhuha terhadap karakter disiplin siswa kelas X di MAN 3 Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Madiun. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Program membaca al-Qur’an dilakukan oleh seluruh siswa pada pukul 07.00 WIB dengan pembacaan al-Qur’an sebanyak 10 ayat yang dipandu siswa yang bertugas mengomando. Program sholat dhuha dilakukan secara terjadwal pada pukul 09.15 WIB. Program membaca al-Qur’an dan sholat dhuha di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan pada pukul 07.00-07.30 WIB yang dilakukan di rumah masing-masing. (2) Dampak pelaksanaan program membaca al-Qur’an dan sholat dhuha terhadap karakter religius sudah tampak, namun tidak keseluruhan. Hal tersebut terlihat dari beberapa siswa yang berusaha belajar serta senantiasa mengistiqamahkan membaca al-Qur’an setiap harinya. (3) Dampak pelaksanaan program membaca al-Qur’an dan sholat dhuha terhadap karakter disiplin siswa pada kelas X di MAN 3 Madiun sudah tampak, namun tidak keseluruhan. Hal tersebut terlihat dari kedisiplinan siswa dalam melaksanakan absensi dan mengumpulkan tugas. Namun, meski demikian masih ada siswa kelas X di MAN 3 Madiun yang jarang mengumpulkan tugas dan absensi dengan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 12:08
Last Modified: 30 May 2021 12:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item