Hubungan Penggunaan Media Power Point Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Pada Materi Flora Fauna Kelas VII Di MTsN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Ramadanty, Devinda (2021) Hubungan Penggunaan Media Power Point Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Pada Materi Flora Fauna Kelas VII Di MTsN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417002_DEVINDA RAMADANTY_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ramadanty, Devinda. 2021. Hubungan Penggunaan Media Power Point Terhadap Motivasi Belajar IPS Terpadu Pada Materi Flora Fauna Kelas VII di MTsN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maryam, M. Ag.
Kata Kunci: Power Point, Motivasi Belajar, IPS Terpadu, MTsN 2 Ponorogo

Motivasi belajar merupakan dorongan baik dari luar maupun dari dalam diri seseorang untuk belajar. Keberhasilan proses belajar siswa salah satunya adalah karena motivasi belajarnya. Siswa yang memiliki motivasi tinggi akan selalu berusaha untuk memahami dan menghalau segala permasalahan-permasalahan yang menghambatnya dalam proses belajar. Penelitian ini dilatar belakangi pada saat magang 1 yang telah dilakukan, pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan cara yang konvensional. Guru menyampaikan materi dengan ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Siswa terlihat mengantuk dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan media power point terhadap motivasi belajar IPS terpadu pada materi Flora dan Fauna kelas VII di MTsN 2 Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 347 siswa, sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas yakni kelas VII D dan VII L yang berjumlah 55 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan datanya dengan jumlah soal sebanyak 13 soal untuk penggunaan media power point dan 13 soal untuk motivasi belajar siswa. Jawaban angket berbentuk pilihan ganda (A, B, C, D, E). Rumus yang digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan penggunaan media power point dengan motivasi belajar siswa adalah rumus product moment dari person.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh data sebagai berikut: 1) Nilai koefisiensi korelasi (ro)= 0,44 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai r tabel product moment dengan signifikasi 5% = 0,266 % maupun 1%= 0,345%. 2) Nilai 0,44 jika dikonsultasikan dengan tabel product moment berada diantara rentang nilai 0,40 – 0,80 hal ini berada pada kategori cukup. Jadi dapat diartikan bahwa penggunaan media power point dan motivasi belajar siswa memiliki tingkat keeratan yang cukup. Arah korelasinya positif, karena adanya kesejajaran antara penggunaan media power point dan motivasi belajar siswa. 3) Berdasarkan hasil uji analisis koefisien determinasi pengaruh penggunaan media power point terhadap motivasi belajar siswa sebesar 19, 36 %, dan 80, 64 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 12:02
Last Modified: 30 May 2021 12:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item