..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 3 PONOROGO TAHUN 2020/2021

Pratika, Dyan Septiani Vega (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 3 PONOROGO TAHUN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617002_DYAN SEPTIANI VEGA PRATIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pratika, Dyan Septiani Vega. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponorogo Tahun 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Esti Yuli Widayanti, M. Pd.
Kata Kunci: Penggunaan Media Video Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fiqih
Penelitian ini dilaksanakan akibat kurangnya motivasi belajar siswa sehingga berimbas pada hasil belajar siswa, minimnya motivasi dan hasil belajar siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton. Media video pembelajaran ini dijadikan alat alternatif untuk penyampaian materi agar siswa menjadi termotivasi dalam belajar dan lebih faham dengan materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Signifikansi pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar, Signifikansi pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil, Signifikansi pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Desain. Hasil penelitian ini ialah 1) Terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MIN 3 Ponorogo tahun 2020/2021. Dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menolak Ho1 dan menerima Ha1 dengan nilai sig. 0,045< 0,05. 2) Terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 3 Ponorogo tahun 2020/2021. Dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menolak Ho2 dan menerima Ha2 dengan nilai sig. 0,014 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MIN 3 Ponorogo tahun 2020/2021. Dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang menolak Ho3 dan menerima Ha3 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:58
Last Modified: 30 May 2021 11:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item