KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER KARYA THOMAS LICKONA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS

Farmawaty, Winna (2021) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER KARYA THOMAS LICKONA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317352_WINNA FARMAWATY_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter dan strategi pendidikan karakter dalam buku Educating for Character. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh institusi pendidikan yang hanya mengajarkan aspek intelektual saja, padahal pendidikan seharusnya juga mengajarkan peserta didik agar mempunyai karakter dan akhlak yang mulia sesuai dengan kaidah Islam. Untuk mencapai sebuah pendidikan yang dianggap berhasil maka dibutuhkan pendidikan karakter. Sebenarnya, pendidikan karakter perlu diajarkan mulai dari usia dini. Karena usia dini merupakan masa-masa emas bagi anak. Ketika anak sudah terbiasa diajarkan pendidikan karakter sejak dini, maka ketika dewasa ia tidak mudah terpengaruh dari lingkungan yang mempengaruhinya. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan karakter bangsa yang berbasis nilai-nilai agama. Pembentukan karakter dengan nilai agama sangat penting karena dalam Islam antara akhlak dan karakter merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Educating for Character karya Thomas lickona untuk menumbuhkan karakter religius, (2) mendeskripsikan strategi pendidikan karakter dalam buku Educating for Character karya Thomas Lickona untuk menumbuhkan karakter religius.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data dari sumber-sumber catatan, transkrip, buku, dan sebagainya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi).
Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa nilai-nilai untuk menumbuhkan karakter religius menurut Thomas Lickona ada dua macam yaitu hormat dan tanggungjawab. Nilai tersebut termasuk dalam nilai universal, karena berhubungan dengan kebaikan moral dan melindungi seseorang terhadap resiko tertinggi dan perilaku anti-sosial. Nilai hormat dalam menumbuhkan karakter religius dapat dilaksanakan dengan melalui cara menghormati diri sendiri, menghormati orang lain, dan menghormati lingkungan sehingga lebih mengenal Allah Swt yang menciptakan segala sesuatu di dunia ini. Sedangkan nilai tanggungjawab dalam menumbuhkan karakter religius dapat memotivasi seseorang untuk menggunakan akal pikiran mereka serta iman dan keyakinan mereka untuk mempertimbangkan masalah-masalah sosial dalam mencapai ketentraman dan kesejahteraan bersama. Sedangkan strategi strategi pendidikan karakter dalam buku Educating for Character karya Thomas Lickona untuk menumbuhkan karakter religius dapat dilakukan dengan cara memahami langkah-langkah pada moral knowing, moral feeling, dan moral action.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:54
Last Modified: 30 May 2021 11:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item