Strategi Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo

Maula, Yulia Fatma (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117029_YULIA FATMA MAULA_PIAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maula, Yulia Fatma. 2021. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Kelas B TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Agama Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul ngadhimah, M. Ag.
Kata Kunci: Strategi Guru, Perilaku Prososial, Anak Usia Dini
Masa anak usia dini adalah masa yang sangat penting, karena dalam masa ini anak berkembang sangat pesat. Maka seluruh perkembangan harus distimulus agar berkembang secara optimal. Termasuk perkembangan perilaku prososial bagi anak. Perilaku prososial perlu dikembangkan karena manusia adalah makhluk sosial sehingga dengan memiliki perilaku prososial anak akan dapat hidup bermasyarakat. Perilaku prososial anak juga diterapkan dalam lembaga pendidikan. Salah satunya di lembaga TA Al Manaar Al Islamiyah Ngabar, disana perilak prososial juga dikembangkan karena masih terdapat perilaku mengganggu teman, egosentris, dan kurang peka terhadap teman. Maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian di lembaga tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku prososial anak usia dini, mengetahui strategi guru dalam meningkatkan perilaku prososial, dan mengetahui implikasi strategi guru dalam meningkatkan perilaku prososial di TA Al Manaar Ngabar.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis yang digunakan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) perilaku prososial anak usia dini meliputi berbagi, menolong, kerja sama, kedermawanan, jujur, menyumbang dan persahabatan. (2) strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan perilaku prososial anak dengan strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran langsung dan startegi pembelajaran interaktif. (3) implikasi startegi guru untuk meningkatkan perilaku prososial melalui strategi pembelajaran ekspositori anak sudah mampu jujur, kedermawanan dan menolong. Strategi pembelajaran langsung anak sudah mampu kerja sama, menyumbang, berbagi dan persahabatan. Strategi pembelajaran interaktif anak sudah mampu kerjasama dan kedermawanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:50
Last Modified: 30 May 2021 11:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item