Faktor-Faktor Dan Alternatif Solusi Pengurus Bidang Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Santri Untuk Mengikuti Kajian Kitab Kuning (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Soboguno Siman Ponorogo)

Sari, Adela Yuvita Ratna (2021) Faktor-Faktor Dan Alternatif Solusi Pengurus Bidang Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Santri Untuk Mengikuti Kajian Kitab Kuning (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Soboguno Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317286_ADELA YUVITA R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Adela Yuvita Ratna. 2021. Faktor-Faktor Dan Alternatif Solusi Pengurus Bidang Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Santri Dalam Mengikuti Kajian Kitab Kuning (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Soboguno Siman Ponorogo), Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Wibowo, M.Pd.I
Kata Kunci: Pengurus Bidang Pendidikan, Motivasi, Kitab Kuning.
Pondok Pesantren yang eksistensinya sebagai lembaga pendidikan islam, memang tidak bisa dilepaskan dengan ciri utamanya yaitu dalam aktivitas pengkajian kitab kuning. Mengkaji kitab kuning di pondok pesantren adalah hal wajib untuk diikuti oleh seluruh santri. Dalam mengkaji kitab kuning perlu memiliki semangat dan motivasi yang tinggi. Namun kenyataan yang terjadi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Soboguno Siman Ponorogo, masih banyak santri yang terlihat kurang antusias dalam mengikuti kajian kitab kuning. Dengan hal ini maka perlu untuk dapat mengungkap apa yang menjadi faktor penyebab dan jalan alternative yang ditempuh dari pengurus bidang pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi santri tersebut.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Faktor Penyebab Motivasi Santri Rendah dalam Mengikuti kajian Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Soboguno Siman Ponorogo, (2) Untuk Mengetahui Solusi dari Pengurus Bidang Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Soboguno Dalam Meningkatkan Motivasi Santri Dalam Mengikuti Kajian Kitab Kuning.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Faktor penyebab motivasi santri rendah dalam mengikuti kajian kitab kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Soboguno ini disebabkan oleh 2 faktor, diantaranya : a) Faktor Intrinsik, berupa minat yang dimiliki santri sangat minim. b) Faktor Ekstrinsik, berupa adanya unsur keterpaksaan dari keluarga santri, kesulitan santri dalam mempelajari kitab gundul, dan rendahnya ekonomi keluarga. (2) Solusi yang diberikan pengurus bidang Pendidikan untuk meningkatkan motivasi santri dalam mengikuti kajian kitab kuning antara lain; a) Memberikan dorongan positif melalui perhatian dan sikap keteladanan yang baik, b) Memberikan bantuan bagi santri yang kesulitan, dengan membuat kelompok belajar pegon bagi yang masih belum bisa belajar kitab kuning, c) Memberikan hukuman atau sanksi bagi yang melanggar kebijakan peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:49
Last Modified: 30 May 2021 11:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item View Item