Manajemen Pendidikan Karkater Sopan Santun Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Muslimat Wadatul Muna Mlilir Dolopo Madiun

Aisa, Mega Nurkholifatul (2021) Manajemen Pendidikan Karkater Sopan Santun Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Muslimat Wadatul Muna Mlilir Dolopo Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MEGA NUR KHOLIFATUL AISA_502190022_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki tingkat pendidikan karakter yang sangat memprihatinkan sehingga memungkinkan adanya pendidikan karakter diberikan sejak usia dini. Mengingat bahwa anak usia dini merupakan masa golden age yang mana masih sedikit lebih mudah untuk dibentuk karakternya agar lebih baik. Pendidikan karakter sopan santun juga tidak kalah penting untuk diterapkan sejak dini agar dapat membentuk perilaku siswa sehinga dapat menentukan pengalaman anak di kemudian hari yang lebih baik. Tulisan ini bertujuan untuk meneliti terkait manajemen pendidikan karakter sopan santun pada pendidikan anak usia dini meliputi perencanaannya, pelaksanaannya, dan evaluasinya. Penelitian dilakukan di RA Muslimat Wardatul Muna Mlilir Dolopo Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif, melalui penelitian studi kasus berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa perencanaan di RA Muslimat Wardatul Muna Mlilir Dolopo Madiun terdapat karakteristik yang didalamnya meningkatkan pendidikan karakter yang mengarah ke karakter sopan santun melalui kurikulum, prota, promes, RPPM dan RPPH. Sementara untuk pelaksanaannya juga menjalankan kegiatan yang sesuai dengan perencanaan yang di susun, sedangkan untuk evaluasi meliputi penilaian pembelajaran, pelaporan penilaian, dan tindak lanjut dari hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:45
Last Modified: 30 May 2021 11:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item