Karakteristik Terjemah Al-Qur'an Wanita Ummul Mukminin

Nurra'ida, Fidian Zahratun (2021) Karakteristik Terjemah Al-Qur'an Wanita Ummul Mukminin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Fidian Zahratun.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan mukjizat yang diberikan Allah kepada umatnya untuk dijadikan sebagai petunjuk serta sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Meluasnya dakwah Islam membuat al-Qur’an yang berbahasa arab perlu untuk di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa agar mudah untuk difahami dan dijadikan sebgai pedoman dalam kehidupan umat Islam. Penerjemahan ini diperlukan karena tidak semua umat yang beragama Islam faham mengenai bahasa Arab. Namun perlu digaris bawahi bahwa terjemahan al-Qur’an bukanlah al-Qur’an. Dewasa ini, banyak sekali terjemah al-Qur’an yang muncul dikalangan umat Islam, terutama di Indonesia ini. Salah satu terjemah al-Qur’an yang populer di masa ini adalah terjemah al-Qur’an wanita ummul mukminin.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa Kelebihan dari Terjemah Al-Qur’an Wanita Ummul Mukminin; 2) Apa Kekurangan dari Terjemah Al-Qur’an Wanita Ummul Mukminin. Jenis penelitian ini adalah library research. Dalam mengumpulan data menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dan dokumentasi lalu dianalisis secara deskriptif-analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Banyak sekali al-Qur’an wanita yang bermunculan di Indonesia ini. Namun, dari beberapa terjemah al-Qur’an wanita yang bermunculan saat ini, terjemah al-Qur’an wanita ummul mukminin merupakan salah satu terjemah al-Qur’an yang cukup lengkap dari segi konten lampiran serta menarik dari segi desain yang sangat ke muslimahan. Kedua, Dalam sebuah karya yang diciptakan manusia tidak akan luput dari kekurangan, ada beberapa hal yang kurang dalam penjelasan pada konten lampiran yang tertera pada terjemah al-Qur’an wanita ummul mukminin, salah satunya dalam menukil ayat hanya ditulis artinya saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:43
Last Modified: 30 May 2021 11:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item