Group investigation Sebagai Proses Penanaman Sikap Toleransi Siswa kelas IX dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak Tahun Ajaran 2020/2021

Wahyuni, Sri (2021) Group investigation Sebagai Proses Penanaman Sikap Toleransi Siswa kelas IX dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS SRI WAHYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Sri. 2021. Group investigation Sebagai Proses Penanaman Sikap Toleransi Siswa kelas IX dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.

Kata Kunci: Group investigation, Sikap Toleransi, IPS.

Pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global yang semakin menuntut untuk lebih maju. Perubahan sosial budaya dan globalisasi tersebut memberikan dampak negatif dan positif terutama bagi generasi muda. Generasi yang pada saat ini mengalami degradasi moral membuat lembaga pendidikan dan seluruh elemen pendorongnya untuk lebih menekankan akan pentingnya pengetahuan dan penerapan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dalam meminimalisir perilaku-perilaku menyimpang yang dapat dilakukan oleh siswa. Oleh sebab itu diperlukannya strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap toleransi siswa sejak dini.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses penerapan group investigation dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa kelas IX dalam pembelajaran IPS, (2) menjelaskan faktor penghambat dan pendukung penerapan group investigation dalam menanamkan sikap toleransi siswa kelas IX dalam pembelajaran IPS, dan (3) menjelaskan hasil penerapan group investigation dalam menanamkan sikap toleransi siswa kelas IX dalam pembelajaran IPS.
Penelitiian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpalan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang menggunakan tiga tahapan analisis yang meliputi reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan, yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel.
Berdasarakan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran group investigation secara daring yang diterapkan di SMPN 1 Mlarak mengacu pada acuan mode pembelajaran group investigation secara umum, yang meliputi (a) pemilihan topik materi, yang terorganisir pada Bab Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi, (b) perencanaan kooperatif, (c) implementasi, (d) analisis dan sintesis, (e) pengumpulan hasil akhir, (f) evaluasi. (2) Faktor penghambat dan pendorong dalam model pembelajaran group investigation dalam penanaman sikap toleransi siswa kelas IX di SMPN 1 Mlarak yaitu faktor internal dari dalam diri siswa yang berupa sikap baik dan kurang baik yang sudah terbiasa dan faktor eksternal yang berasal dari pola asuh keluarga, pergaulan siswa, dan lingkungan masyarakat sekitar siswa. (3) Dan adapun hasil dari penanaman sikap toleransi siswa melalui model pembelajaran group investigation di SMPN 1 Mlarak yaitu (a) sikap toleransi beragama yang tercermin dari rasa menghormati dan menghargai perbedaan agama dalam lingkungan SMPN 1 Mlarak, (b) sikap toleransi sosial yang tercermin dari dalam kelompok yang saling membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas, sikap toleransi dengan wujud kepedulian terhadap sesama siswa, dan sikap toleransi dengan tidak membeda-bedakan siswa lain dalam hal fisik dan akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:42
Last Modified: 30 May 2021 11:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item