..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Akhlak Rasulullah dalam Kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun 'Azhim karya M. Yunan Yusuf

Nabihati, Khansa Hashifa (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Akhlak Rasulullah dalam Kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun 'Azhim karya M. Yunan Yusuf. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Khansa Hashifa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nabihati, Khansa Hashifa. 2021. Akhlak Rasulullah dalam Kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim Karya M. Yunan Yusuf. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.

Kata Kunci: Akhlak Rasulullah, Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim,
M. Yunan Yusuf.
Akhlak merupakan salah satu dari tiga kerangka dasar ajaran Islam yang memiliki kedudukan yang sangat penting. Untuk memudahkan umat Islam dalam bersikap dan berperilaku sehari-hari, di samping memberikan aturan yang jelas dalam al-Qur’an, Allah juga menunjuk Nabi Muhammad Saw. sebagai teladan baik dalam bersikap, berperilaku, dan bertutur kata. Pada kitab TafsirJuz Tabarak Khuluqun ‘Azhim karya M. Yunan Yusuf berisi penafsiran al-Qur’an juz 29 yang memberikan pandangan untuk mempelajari akhlak dari sang pembawa cahaya panutan seluruh umat manusia yaitu Nabi Muhammad SAW. Kitab ini menjelaskan secara spesifik jati diri dan akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai seorang yang dipilih untuk menyampaikan risalah kepada seluruh umat manusia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana akhlak Rasulullah Saw. saat menerima perintah dakwah dalam Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim; 2) Bagaimana akhlak Rasulullah Saw. saat mempersiapkan dakwah dalam Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim; 3) Bagaimana akhlak Rasulullah Saw. saat berdakwah dalam Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim dan 4) Bagaimana implikasi dakwah Rasulullah terhadap praktik dakwah masa kini. Jenis penelitian ini adalah library research. Dalam mengumpulan data menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dan dokumentasi lalu dianalisis secara deskriptif-analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, saat menerima perintah dakwah pertama kali, Rasulullah mengalamai kekhawatiran dan ketakutan. Kedua, akhlak yang dilakukan Rasulullah saat mempersiapkan dakwah meliputi: mengagungkan Allah, meninggalkan perbuatan dosa, bersabar, melakukan sholat malam, membaca al-Qur’an dan membersihkan pakaian. Selain ibadah ritual Rasulullah juga melakukan ibadah-ibadah sosial. Ketiga, saat berdakwah Rasulullah kerapkali menghadapi halangan dan rintangan. Oleh karena itu Rasulullah berakhlak sabar, tegas dengan tidak mengikuti orang-orang yang sesat dan tidak sombong saat menerima pujian sebagai pemilik budi pekerti yang agung dari Allah Swt. Keempat, Akhlak masyarakat masa kini mengikuti alur perkembangan era globalisasi, sehingga dakwah perlu digerakkan sebagai membimbing manusia ke jalan yang benar. Para pendakwah saat ini harus berusaha berdakwah dengan menyesuaikan era globalisasi dengan tetap menegakkan unsur-unsur penting dakwah yang telah diteladankan oleh Rasulullah Saw. sehingga para pelaku dakwah ditempatkan pada posisi yang bermartabat dan dapat mewujudkan masyarakat atau warga negara yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2021 11:36
Last Modified: 30 May 2021 11:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item