Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kontrol Diri Siswa Di SMAN 1 Badegan Ponorogo

Nafi', Afan Aqil (2021) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kontrol Diri Siswa Di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211516004_AFAN AQIL NAFI'_BPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nafi’, Afan Aqil. 2021. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kontrol Diri Siswa di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Dosen Pembimbing, Lia Amalia S.Ag. M,Si.
Kata kunci: Kecerdasan Spiritual dan Kontrol Diri
Pada masa remaja terjadi banyak perubahan yang harus dihadapi mulai dari perubahan fisik, biologis, psikologis, dan juga sosial. Perubahan tersebut kemudian seringkali menjadi krisis bagi remaja yang kekurangan pegangan. Proses perubahan ini akan dialami oleh setiap anak sekaligus dapat memberikan dampak positif maupun dampak negatif. Remaja-remaja yang mampu memahami dan mengembangkan kecerdasan spiritual yang ada pada dirinya, natinya mereka akan dapat melewati masa peralihan ini dengan baik. Disisi lain mereka pun mampu mengontrol dirinya untuk tidak terlibat dalam hal-hal yang negatif dengan cara mengenali bakat dan potensi yang ada di dalam diri, mengikuti berbagai kegiatan positif ataupun organisasi yang bernuansa religius untuk menjalin relasi yang lebih luas, serta mencoba hal baru yang bisa dimanfaatkan dengan baik bagi diri mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual dan kontrol diri pada siswa SMAN 1 Badegan Ponorogo serta mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kontrol diri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 77 responden. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan analisis yang digunakan menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji statistik (statistik deskriptif dan statistik inferensial), dan uji hipotesis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual siswa kelas XII di SMAN 1 Badegan Ponorogo tahun ajaran 2020/2021 tergolong kategori/tingkat sedang yaitu sebanyak 66 (86%) siswa. Kemudian Kontrol diri siswa kelas XII di SMAN 1 Badegan tahun ajaran 2020/2021 yaitu tergolong dalam kategori/tingkat sedang yaitu sebanyak 63 (82%) siswa. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Sedangkan diketahui thitung sebesar 8,446 ≥ 2,004 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau dinyatakan terdapat pengaruh variabel kecerdasan spiritual terhadap variabel kontrol diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 07:38
Last Modified: 28 May 2021 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item