Pendidikan Keagamaan Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo)

Putri, Nia Anggraini (2021) Pendidikan Keagamaan Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211117035 NIA ANGGRAINI PUTRI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Nia Anggraini. 2021. Pendidikan Keagamaan Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo). Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Pendidikan Keagamaan, Anak Usia Dini, Pandemi Covid-19.
Pendidikan keagamaan merupakan suatu upaya dalam meningkatkan nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan keagamaan untuk anak usia dini merupakan upaya sadar dalam membentuk karakter anak. Karakter tersebut secara tidak langsung akan menjadi sebuah kepribadian dalam diri anak. Proses belajar yang lebih mnegutamakan keagamaan membawa siswa menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat seperti halnya perilaku beribadah, menjalankan kewajiban, meninggalkan segala larangan, dan selalu berbuat baik. Berdasarkan fakta yang ditemukan di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo permasalahan pendidikan keagamaan terletak pada kurangnya penanaman karakter secara mendalam, dan fokus pendidikan hanya pada kegiatan baca tulis Al-Qur’an saja, sehingga pendidikan keagamaan belum dijadikan sebagai kewajiban menuntut ilmu pada saat itu.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perkembangan keagamaan pada anak usia dini TA Al – Manaar Al – Islamiyah Ngabar Ponorogo di masa pandemi covid-19, (2) untuk mengetahui metode pendidikan keagamaan pada anak usia dini di TA Al – Manaar Al – Islamiyah Ngabar Ponorogo di masa pandemi covid-19.
Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah Kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan keagamaan anak kelas B di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar sesuai dengan tahap perkembangan keagamaan anak dan berkembang sesuai dengan harapan. Hal ini dibuktikan melalui indikator capaian perkembangan nilai agama dan moral anak. Sebagai contohnya anak menjalankan sholat dhuha, menjawab salam, mengucapkan terima kasih, tolong dan meminta maaf. Mereka juga menunjukkan minat untuk mendalami agamanya dengan sikap anak yang antusias dalam mengikuti setiap pembelajaran. Serta ditunjukkan juga melalui hafalan-hafalan anak. (2) Penggunaan metode pembelajaran untuk mendukung pendidikan keagamaan anak di masa pandemi covid-19 di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo menggunakan beberapa metode diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, ceramah, hafalan, dan bercerita atau berkisah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:55
Last Modified: 28 May 2021 06:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item View Item