UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DI KELAS XI SEMESTER GENAP MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021 (PTK ONLINE)

Rofiqoh, Almaytiya Putri (2021) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DI KELAS XI SEMESTER GENAP MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021 (PTK ONLINE). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PAI_210317086_ALMAYTIYA PUTRI ROFIQOH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rofiqoh, Almaytiya Putri. 2021. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Quizizz di Kelas XI Semester Genap MA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IAIN) Ponorogo.Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Hasil belajar siswa Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan merupakan kondisi pembelajaran yang diidam-idamkan oleh siswa, apabila siswa bersemangat dan memiliki antusias tinggi dalam pembelajaran tidak dipungkiri hasil belajar siswa akan meningkat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran, dengan menggunakan media akan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang dipelajari,terutama dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Karena sedikit banyak guru pasti membutuhkan media untuk mengemas materi dengan keinovatifan dan kekreatifan masa kini. Contohnya seperti penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran, dimana aplikasi Quizizz ini merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dalam praktiknya aplikasi ini mampu menjadikan suasana pembelajaran lebih seru, lebih menyenangkan, lebih menantang, dan tidak membuat jenuh peserta didik, sehingga memberikan rangsangan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dan menjadikan adanya peningkatan kualitas dan hasil belajar siswa. Akan tetapi pada kenyataannya tidak demikian pembelajaran yang terjadi di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo malah menjadikan siswa bosan, kurang bersemangat sehingga berakibat pada menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan menggunakan aplikasi Quizizz, (2) mendeskripsikan penerapan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran SKI secara online. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Sumber data dari siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tahap-tahap penelitianya itu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) pembelajaran SKI dengan aplikasi Quizizz pada (a) Siklus I diperoleh hasil belajar dari 20 siswa yang hadir ada 9 siswa yang memperoleh skor hasil belajar di atas KKM dan 11 siswa lainnya masih di bawah KKM dengan rata-rata nilai 54. (b) Siklus II deiperoleh hasil dari 21 siswa yang hadir ada 5 siswa yang memperoleh hasil di atas KKM dan 16 siswa di bawah KKM dengan rata-rata nilai 42.8. (c) Siklus III diperoleh hasil dari 25 siswa yang hadir semuanya memperoleh nilai di atas KKM, dengan perincian 24 siswa yang mendapatkan kategori nilai sangat baik (rentang 80-100) dan 1 siswa mendapatkan kategorin baik (rentang 70-79) dengan rata-rata nilai 93 dalam predikat baik sekali. (2) Dalam penerapan aplikasi Quizizz untuk pembelajaran SKI secara online diketahui hasil tanggapan siswa mayoritas siswa menyatakan setuju dengan perolehan presentase sebesar 63%. Dan hasil presentase ini memberikan hasil cukup dalam penerapan aplikasi Quizizz pada pembelajaran SKI

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:54
Last Modified: 28 May 2021 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item