PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN) DENGAN PENDEKATAN LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK

Sahara, Cindy Audia (2021) PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN) DENGAN PENDEKATAN LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
IPA 211317013 CINDY AUDIA SAHARA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sahara, Cindy Audia. 2020. Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis (Predict, Observe dan Explain) POE dengan Pendekatan Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Peserta Didik. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, POE, literasi sains, kemampuan berkomunikasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berkomunikasi peserta didik tingkat SMP/Mts. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai kemampuan berkomunikasi peserta didik masih dibawah KKM (KKM=70) yaitu 55. Diperlukan media pembelajaran yang mampu merangsang peserta didik untuk menunjang kemampuan berkomunikasi peserta didik. LKPD berbasis POE dengan pendekatan literasi sains berisi kegiatan meliputi membaca, menulis, menggali informasi, mengolah data dan menyampaikan ide yang mampu merangsang peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari produk LKPD yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode RnD (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui tes meliputi pretest dan posttest serta angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan rumus uji N-Gain dan uji t meliputi uji independent t-test two tailed dan uji t-test one tailed.
Hasil penelitian ini yaitu 1) LKPD berbasis POE dengan pendekatan literasi sains dinyatakan layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran baik dari aspek materi/konten, kekhasan maupun keterbacaan dengan rata-rata mencapai 89%. 2) LKPD berbasis POE dengan pendekatan literasi sains termasuk dalam kategori praktis untuk diterapkan baik dari aspek ketertarikan, materi maupun bahasa dengan rata-rata presentase mencapai 83% 3) LKPD berbasis POE dengan pendekatan literasi sains yang dikembangkan secara efektif mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 66,67 pada taraf signifikansi (α = 0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:54
Last Modified: 28 May 2021 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item