Pembinaan Akhlakul Karimah Anak Di Panti Asuhan "Ar-Fakhrudin" Muhammadiyah Ponorogo

Siswanto, Eko (2021) Pembinaan Akhlakul Karimah Anak Di Panti Asuhan "Ar-Fakhrudin" Muhammadiyah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317414_EKO SISWANTO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Siswanto, Eko. 2021. Pembinaan Akhlakul Karimah Anak Di Panti Asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I.
Kata Kunci: Pembinaan, Akhlakul Karimah
Pembinaan merupakan segala usaha, ikhtiar dan kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian segala sesuatu secara teratur dan terarah Akhlak adalah sifat-sifat yang dibawa manusia yang tertanam dalam jiwanya dan selalu ada pandanya. Sifat itu dapat berupa perbuatan baik yang disebut akhlak mahmudah dan perbuatan buruk yang disebut akhlak madzmumah. Akhlak yang baik tidak serta merta dimiliki oleh setiap manusia. Maka perlu adanya suatu pembentukan dan pembinaan dalam mencapai akhlak yang baik. Dalam pembentukan dan pembinaan akhlakul karimah di panti asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo ini sudah berjalan namun masih ada beberapa kendala seperti kurangnya semangat dari anak asuh untuk terus belajar dan pengasuh masih kurang profesional dalam pengasuhan, pembinaan, dan pelayanan terhadap anak asuh. Karena merupakan lembaga kesejahteraan sosial anak, namun dalam pembentukan dan pembinaan akhlakul karimah masih kurang. Mengingat sangat pentingnya terkait pembentukan dan pembinaan akhlakul karimah, maka Panti Asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo melakukan berbagai strategi dan upaya dalam pembentukan akhlakul karimah. Dalam pengembangan akhlakul karimah tersebut dilakukan dengan berbagai pembinaan agar anak asuh mampu tumbuh dalam dirinya akhlakul karimah sehingga bisa menjadi generasi penerus yang memiliki akhlak yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui akhlakul karimah apasaja yang dikembangkan di Panti asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo. (2) Mendeskripsikan Pembinaan akhlakul karimah di Panti asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo. (3) Mengetahui respon stakeholder terhadap pembinaan akhlakul karimah di Panti Asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Akhlakul karimah yang dikembangkan di panti asuhan “Ar-Fakhrudin” Muhammadiyah Ponorogo adalah kejujuran, amanah, tanggungjawab dan rajin beribadah. (2) Pembinaan Kejujuran dengan cara melakukan pengarahan, keteladanan, dan memberikan motivasi. Pembinaan Amanah dan Tanggungjawab dengan cara dimulai dari hal yang kecil, jadwal piket harian, keteladanan, memberikan motivasi, dan melakulan pendekatan. Selanjutnya Pembinaan Rajin Beribadah dengan cara keteladanan, kegiatan keagamaan, dan paksaan. (3) Respon terhadap pembinaan pendidikan akhlakul karimah anak itu beragam tanggapan kritik dan saran dari para stakeholder. Seperti masih diperlukan evaluasi sebagai parameter keberhasil daripada pembinaan yang diterapkan. Kemudian karena panti merupakan sebuah lembaga sosial anak maka dalam pembinaan, pengasuhan, dan pelayanan harus dilaksanakan dengan ikhlas dan tulus serta pengasuh harus memahami karakteristik anak sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik untuk anak, namun dalam pelaksanaan program masih terdapat kendala dan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:50
Last Modified: 28 May 2021 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item