STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI KB DHARMA INDAH NAWANGAN PACITAN

Adawiyah, Muadatul (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI KB DHARMA INDAH NAWANGAN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E-TESIS 211117033 MUADATUL ADAWIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendididkan anak usia dini adalah pendidikan yang diberikan kepada anak
usia dini, yakni usia 0-6 tahun. Dalam pendidikan anak usia dini, usaha yang
diperlukan untuk dapat medukung perkembangan anak agar berjalan secara
optimal sesuai dengan potensi yang telah dimiliki anak. Guru bagi anak usia dini
merupakan figur atau panutan. Oleh karena itu guru penting untuk mengetahui
pentingnya motivasi belajar, untuk meningkatkan tingkat keberhasilan serta
tercapainya tujuan pembelajaran anak. Motivasi belajar anak usia dini dapat
mempengaruhi kehidupan anak dimasa depan. Sedangkan pada fakta yang ada
motivasi belajar anak sangat rendah, dimana anak tidak bertahan lama saat belajar,
mudah bosan, kurang fokus, tidak memiliki kepercayaan diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan: (1) strategi guru dalam
meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di KB dharma Indah Nawangan
Pacitan pada aspek adanya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar; (2)
strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di KB Dharma
Indah Nawangan Pacitan pada aspek adanya dorongan dan kebutuhan dalam
belajar dan (3) strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini
di KB Dharma Indah Nawangan Pacitan pada aspek adanya penghargaan dalam
belajar.
Penelitiaan ini dilakukan di KB Dharma Indah Nawangan Pacitan
menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. teknik yang
digunaakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi.
Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisi Miles dan
Hurberman dengan langkah-langakah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi guru untuk
meningkatkan motivasi belajar anak pada aspek menumbuhkan hasrat berhasil
dalam belajar dengan menerangkan manfaat belajar, memberikan semangat,
pembelajaran yang menyenagkan, memahami karakteristik anak, dan pemberian
pengulangan pembelajaran; (2) strategi guru untuk meningkatkan motivasi anak
pada aspek dorongan dan kebutuhan belajar dengan penggunaan alat permainan
edukatif, memberikan kebebasan anak untuk mengeluarkan pendapat, memberi
pendampingan kepada anak, pembelajaran nyata, serta menjalin kerja sama
dengan orang tua dan (3) strategi guru untuk meningkatkan motivasi belajar
melalui penghargaan yaitu melalui suatu hal yang menarik bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:47
Last Modified: 28 May 2021 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item