UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Aprida, Nina Tri (2021) UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317285_NINA TRI APRIDA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM...pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aprida, Nina Tri. 2021. Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Islami
pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun
Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru, Karakter Islami.

Pandemi covid-19 ini mempengaruhi banyak aspek, salah satunya aspek
pendidikan di Indonesia. Proses belajar mengajar harus terbagi menjadi tatap muka
dengan pembelajaran jarak jauh. Aspek afektif menjadi sorotan utama pada masa
ini, sebab di masa pandemi covid-19 ini banyak sekali penyimpangan￾penyimpangan yang dilakukan oleh siswa. Proses pembelajaran yang berbeda ini
membuat siswa merasa bebas dan merasa tidak terawasi sepenuhnya oleh guru.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perilaku menyimpang yang
dilakukan oleh siswa ialah dengan membenahi moral siswa. Pembenahan moral ini
bisa dilakukan oleh guru melalui penanaman karakter islami pada siswa Dalam
menanamkan karakter islami pada siswa upaya guru sangatlah dibutuhkan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi yang digunakan guru
PAI dalam menanamkan karakter islami pada masa pandemi covid-19 di SMAN 1
Jenangan Ponorogo. (2) Mengetahui pendekatan yang digunakan guru PAI dalam
menanamkan karakter islami pada masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Jenangan
Ponorogo. (3) Mengetahui dampak dari strategi dan pendekatan yang telah
dilakukan guru PAI terhadap siswa di SMAN 1 Jenangan Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang
menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah (1) strategi yang digunakan guru PAI dalam
menanamkan karakter islami pada masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Jenangan
Ponorogo ialah strategi keteladanan, nasihat, pembiasaan dan pembelajaran inovatif
(2) Pendekatan yang digunakan guru PAI dalam menanamkan karakter islami pada
masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Jenangan Ponorogo ialah pendekatan
campuran. Pada pendekatan ini, Guru PAI menggunakan pendekatan individu dan
pendekatan kelompok sesuai dengan karakteristik dari siswanya. (3) Dampak
strategi dan pendekatan yang telah dilakukan guru PAI terhadap karakter islami
siswa ialah perubahan perilaku. Perubahan perilaku meliputi siswa berbicara dan
berpenampilan sopan, saling tolong-menolong, terbiasa membaca do’a,
mengerjakan tugas tepat waktu, menghormati orang lain, semangat menuntut ilmu,
dan rajin beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WARIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:43
Last Modified: 28 May 2021 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item