Komparasi Tingkat Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Patianrowo Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021

Agustin, Wahyu Rika (2021) Komparasi Tingkat Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Patianrowo Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417017_WAHYU RIKA AGUSTIN_T.IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan tentang gaya belajar penting diketahui oleh siswa maupun guru dan orangtua dalam membantu memaksimalkan pembelajaran sehingga menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda antar satu individu dengan individu yang lain. Sementara masih banyak guru yang tidak memperhatikan gaya belajar siswa dalam menentukan media dan metode yang diterapkan dalam pembelajaran, hal tersebut tentu saja berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar berdasarkan gaya belajar visual, (2) mengetahui hasil belajar berdasarkan gaya belajar auditorial, (3) mengetahui hasil belajar berdasarkan gaya belajar kinestetik, dan (4) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar siswa.
Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif komparasional dengan rancangan kausal komparatif atau ex post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patianrowo yang berjumlah 295 siswa dan sampelnya adalah 59 siswa diambil dari kelas VII H dan I. Sampel diambil dengan teknik Sampling Purposive. Penelitian menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi sebagai instrument pengumpulan data. Untuk menjawab permasalahan yang ada di atas menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial non parametrik.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan (1) Hasil belajar berdasarkan gaya belajar visual dominan berada pada kategori hasil belajar kurang, yaitu 6 siswa pada kategori hasil belajar rendah, (2) Hasil belajar berdasarkan gaya belajar auditorial merupakan hasil belajar yang dominan, yaitu 21 siswa yang berada pada kategori hasil belajar baik, (3) Hasil belajar berdasarkan gaya belajar kinestetik dominan berada pada kategori hasil belajar rendah, yaitu 8 siswa berada pada kategori cukup, (4)Dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar berdasarkan gaya belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 1 Patianrowo. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. yaitu 0,000 < dari taraf signifikansi 5% (0,05).
Kata Kunci : Gaya Belajar , Hasil Belajar, IPS Terpadu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 06:35
Last Modified: 28 May 2021 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14048

Actions (login required)

View Item View Item