Upaya Guru untuk Meningkatkan Sikap Kesopanan Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di MTs Negeri 6 Ponorogo

Andriyanto, Nuri (2021) Upaya Guru untuk Meningkatkan Sikap Kesopanan Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di MTs Negeri 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417042_NURI ANDRIYANTO_TADRIS IPS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Andriyanto, Nuri. 2021. Upaya Guru untuk Meningkatkan Sikap Kesopanan Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag, M.Si

Kata Kunci : Upaya Guru, Sikap Kesopanan, Pembelajaran IPS.

Sebagai upaya dalam menghasilkan output pendidikan yang bermutu tinggi salah satunya adalah pembentukan karakter siswa. Guru memiliki tanggungjawab yang besar terhadap pembentukan karakter siswa, khususnya peninggkatan sikap kesopanannya. Siswa MTs memiliki sikap yang masih labil sesuai dengan keadaan lingkungan yang dia tempati. Sehubungan dengan hal tersebut maka harus adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan sikap kesopanan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo. Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat terhadap peningkatan sikap kesopanan siswa diantaranya adalah faktor dari keluarga dan teman sebaya dan warga sekolah.
Penelitian yang saya lakukan ini bertujuan untuk: (1) Untuk Menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan sikap kesopanan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo dan (2) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung upaya guru untuk meningkatkan sikap kesopanan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo.
Dalam proses penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan meggunakan metode pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data melalui wawancrara dan dokumentasi. Agar tidak terjadi kesalahan atau kerancuan dalam hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) dengan bertanya kepada informan yang bertujuan untuk mendapatkan data khusus yang dibutuhkan dalam pengerjaan penelitian tersebut.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Upaya guru yang dilakukan dalam meningkatkan sikap kesopanan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo diantaranya, memberikan teguran kepada siswa yang berbuat tidak sopan, bersikap akrab kepada siswa, memberikan contoh sikap sopan yang benar antar sesama, dan memberikan reward terhadap siswa yang sudah mau bersikap sopan kepada guru atau temannya. (2) Ada faktor yang menjadi penghambat dan pendukung upaya guru untuk meningkatkan sikap kesopanan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo diantaranya, dari Keluarga, teman sebaya dan warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:15
Last Modified: 28 May 2021 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14038

Actions (login required)

View Item View Item