Dampak Bermain Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Toxic Disinhibition Online

Khoiri, Nur Fikri (2021) Dampak Bermain Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Toxic Disinhibition Online. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211516030_NUR FIKRI KHOIRI_BPI.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Khoiri, Nur Fikri. 2020. Dampak Bermain Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Toxic Disinhibition Online (Studi Kasus di Warung Kopi Ourung-ourung Siman, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Drs. H. Agus Romdlon Saputra, M.H.I.
Kata Kunci: Game Online, Mobile Legends, Perilaku Toxic Disinhibition Online.
Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi oleh perilaku pemain game online Mobile Legends dalam permainan Mobile Legends tersebut sering diperlakukan dan memperlakukan perilaku Toxic Disinhibition Online, yang mana perilaku tersebut banyak terjadi ketika dalam sebuah tim terdapat seorang player yang bermain dengan sangat buruk, melakukan feeder, adanya perbedaan negara, perbedaan suku, bahkan perbedaan dalam beragama dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor-faktor apa saja dari bermain game online Mobile Legends yang menjadikan perilaku Toxic Disinhibition Online, (2) Perilaku toxic apa saja yang timbul dari bermain game online Mobile Legends.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif (field research). Lokasi penelitian di warung kopi Ourung-Ourung Ponorogo. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data tempat lokasi penelitian dan data mengenai mobile legends dari pemain dan pemilik warung, data sekunder terdiri dari data game online Mobile Legends dan toxic disinhibition yang diperoleh dari sumber lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor dari bermain game online Mobile Legends yang menjadikan perilaku Toxic Disinhibition Online terdapat beberapa faktor, yaitu adanya permainan yang kurang baik, adanya perbedaan suku, budaya, agama dan negara, adanya perilaku AFK yaitu perilaku seorang pemain yang meninggalkan permainan dengan sengaja ataupun tidak sengaja, perilaku troll yaitu memainkan game dengan asal-asalan atau bermain tidak sesuai dengan tugasnya dan perilaku feeding yaitu sengaja membiarkan musuh membunuhnya dengan mudah tanpa adanya perlawanan dari pemain tersebut, sehingga musuh mendapat point kill untuk memperkaya timnya. (2) Perilaku toxic yang timbul dari bermain game online Mobile Legends yaitu perilaku Flaming, Griefing, Cheating, Cyberbullying

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Romdlon Saputra
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:32
Last Modified: 28 May 2021 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item View Item