Strategi Gallery Walk Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII D Di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Wicaksono, Rofid (2021) Strategi Gallery Walk Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII D Di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SRIPSI_211417044_ROFID WICAKSONO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wicaksono, Rofid. 2021. Strategi Gallery Walk Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII D di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.Skripsi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Muhammad Widda Djuhan, SAg.,M.Si.

Kata Kunci: Gallery Walk, Pembentukan Karakter, Tanggung Jawab, Pelajaran IPS

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam membentuk karakter tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih menggunakan strategi yang konvensional atau monoton yaitu dengan menggunakan metode ceramah pembelajaran yang hanya berpusat pada gurunya. Hal ini mengakibatkan para siswa dalam berinteraksi maupun belajar secara individu maupun dengan sesama teman dan hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kaakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa-siswi dengan menggunakan strategi Gallery Walk yang dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi Gallery Walk dalam membentuk karakter tanggung jawab belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII D di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu setelah diterapkan strategi Gallery Walk.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang secara langsung dilaksanakan oleh peneliti, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D SMP Ma’arif 1 Ponorogo yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Gallery Walk dalam pembelajaran IPS terpadu dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa-siswi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan tanggung jawab siswa dengan presentase pada siklus I sebesar 72%, pada siklus II sebesar 92%. Sedangkan hasil belajar dengan presentase siklus I sebesar 72%, siklus II dengan presentase sebesar 96%. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada tanggung jawab dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:46
Last Modified: 28 May 2021 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item