PENANAMAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF POLOREJO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Widyawati, Heny (2021) PENANAMAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF POLOREJO PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616075 HENY WIDYAWATI PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Widyawati, Heny 2020. Penanaman Akhlaqul Karimah Siswa Kelas V di MI
Maarif Polorejo Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Anis
Afifah M.Pd.

Kata Kunci : Akhlaqul karimah, Pembelajaran masa pandemi covid-19

Sejak kecil pendidikan akhlak perlu ditanamkan karena pendidikan
akhlak adalah penentu masa depan anak tersebut sebagai generasi muda,
generasi bangsa, dan penerus agama. Di mana saat anak tumbuh dewasa sudah
memiliki akhlak yang terpuji yang mampu menghadapi dunia luar yang keras.
Pada saat ini akhlak peserta didik sangat memprihatikan karena perkembangan
teknologi informasi yang semakin pesat dan dengan mudah diakses oleh anak.
Banyak perilaku menyimpang yang dilakukan peserta didik. Contoh kasus
yang dilakukan peserta didik usia anak SD seperti berkata kotor terhadap guru,
teman bahkan kepada orang tua. Perkelahian antar teman dan juga merokok.
Untuk itu pendidikan akhlak harus ditanamkan di sekolah maupun di rumah,
tidak hanya teori melainkan juga praktik keseharian agar anak terbiasa
menjalankannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai akhlak yang
ditanamkan di MI Maarif Polorejo pada masa pandemi covid-19,
mendiskripsikan strategi penanaman akhlak saat kegiatan pembelajaran di
rumah pada masa pandemi covid-19, dan menjawab kendala apa saja yang
pada saat implementasi penanaman akhlak saat kegiatan pembelajaran di
rumah pada masa pandemi covid-19 di MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berarti
data yang disajikan yaitu berupa penjelasan deskriptif. Data tersebut diambil di
MI Ma’arif Polorejo sebagai tempat penelitian. Teknik yang digunakan adalah
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini ditemukan fakta bahwa MI Ma’arif Polorejo selalu
menanamkan pendidikan akhlak. Penanaman akhlaqul karimah di MI Ma’arif
Polorejo memiliki cara untuk proses penerapanya yaitu orang tua memberi
keteladanan, nasehat, motivasi, hukuman, pemberian hadiah, pembiasaan, dan
pengawasan.bentuk kegiatan yang diterapkan seperti berjabat tangan dan
mengucapkan salam, shalat dhuha, membaca asmaul husna, menghafalkan
surat pendek dirumah secara individu, membaca doa sebelum beraktifitas,
istigosah, shalat berjamaah, menjaga kebersihan rumah, dari kegiatan tersebut
hanya 3 kegiatan yang perlu dilaporkan kepada wali kelas yaitu shalat dhuha,
membaca asmaul husna, dan menghafal surat pendek. Faktor pendukung guru
membuat penilaian secara ceklis, mengunjungi siswa dirumah, orang tua dapat
mengetahui perkebangan anaknya secara langsung dan faktor penghambat
orang tua sulit membagi waktu. Anak sulit diatur, anak bosan dirumah, main
hp, guru kurang mengawasi, pengumpulan tugas tidak tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:54
Last Modified: 28 May 2021 03:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item View Item