IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 1 BALONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Putra, Deni Yogi (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 1 BALONG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211417010 DENI YOGI PUTRA Tadris IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Deni, Yogi Putra.2020/2021. Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 1 Balong (Ds. Karangan Kec. Balong ) Tahun Ajaran 2020\2021.Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nastiti Mufidah M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Daring, Pelajaran IPS
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pembelajaran daring di SMPN 1 Balong yang dalam pelaksanaannya mengalami berbagai kendala sehinga timbul permasalahan baik dari siswa, pendidik, media , dan fasilitas yang mengakibatkan pembelajaran daring kurang efektiv
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas VII. 2) Mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas VII. 3) Mengetahui apa yang perlu diperbaiki supaya pembelajaran daring berjalan lebih baik.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif study kasus. Dalam penelitian ini subyek penelitian adalah siswa siswi kelas VII SMPN 1 Balong yang berjumlah 157 siswa dan sampelnya adalah 20 siswa dari kelas VIIA dan VIIB diambil dengan teknik snowball dan purposive. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data, analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman sedangkan teknik keabsahan data meggunakan trianggulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1). penerapan pembelajaran daring di SMPN 1 Balong melalui tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2). Pembelajaran daring di SMPN 1 Balong memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan antara lain:Lebih efisen, Siswa tidak bergantung pada guru, Meningkatkan kepercayaan diri siswa, Melatih siswa lebih kreativitas dan bertanggung jawab, Mempermudah siswa dalam mencari informasi terkait mata pelajaran melalui internet, Materi pembelajaran yang bisa dipelajari kembali karena tersimpan di handphone atau laptop. Kekurangan pembelajaran daring antara lain: Sebagian siswa memiliki koneksi jaringan yang buruk, Sebagian siswa tidak memiliki fasilitas yang baik Kurangnya kreativitas pendidik dalam menggunakan media pembelajaran, Metode pembelajaran yang hanya pemberian rangkuman materi, Pendidik tidak mampu mengawasi perkembangan peserta didik. (3). Hal yang perlu diperbaiki ialah fasilitas, media , metode, peningkatan kreativitas pendidik,

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:09
Last Modified: 28 May 2021 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14013

Actions (login required)

View Item View Item