Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengembangan NAM (Nilai Agama Dan Moral) Anak Usia Dini Pada Film Animasi Nussa

Bening, Tiara Permata (2021) Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengembangan NAM (Nilai Agama Dan Moral) Anak Usia Dini Pada Film Animasi Nussa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117021_TIARA PERMATA BENING_PIAUD.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Permata Bening, Tiara. 2021. Pola Asuh Orang tua dan Metode Pengembangan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini pada Film Animasi “Nussa”. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing DR. Umi Rohmah, M.Pd. I
Kata Kunci: Pola Asuh Orang tua, Metode Pengembangan, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini, Film Animasi Nussa
Pengembangan nilai agama dan moral adalah suatu bentuk upaya untuk menghentikan dekandensi moral di tanah air. Karena saat ini banyak sekali pengaruh buruk dampak dari perkembangan teknologi informasi yang diterima anak baik secara langsung maupun tidak. Maka nilai agama dan moral perlu dikembangkan sejak dini. Hal ini juga diatur oleh pemerintah dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 137 Nomor 14 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak yang meliputi perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Orang tua adalah pemegang peran terbesar dalam pola asuh dan perkembangan anak. Karena pola asuh orang tua berpengaruh terhadap perkembangan anak. Seperti dalam film animasi Nussa, perkembangan nilai agama dan moral anak dipengaruhi oleh pengembangan dan pola asuh orang tua dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari dialog dan adegan yang dilakukan oleh Rara sebagai parameter dalam penelitian ini dan Umma.
Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui: (1) perkembangan NAM anak usia dini dalam film animasi Nussa, (2) metode pengembangan NAM anak oleh orang tua pada film animasi Nussa, dan (3) pola asuh orang tua dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini pada film Nussa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif deskriptif dengan memperoleh informasi mengenai perkembangan, metode pengembangan, dan pola asuh orang tua dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini pada film animasi Nussa secara mendalam dan komperhensif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library researc. Analisis yang digunakan adalah analisis isi dengan cara menentukan unit analisis, menentukan kode, menentukan variabel, menyusun kategori pengodean, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perkembangan NAM anak usia dini dalam film animasi Nussa berkembang sesuai harapan ditinjau dari empat aspek yang diteliti yaitu mengerjakan ibadah, berperilaku jujur dan penolong, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menghormati agama orang lain, 2) metode pengembangan NAM yang dilakukan oleh orang tua dalam film animasi Nussa yaitu metode cerita, pembiasaan, dan peneladanan, dan 3) pola asuh yang diterapkan orang tua dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini dalam film animasi Nussa adalah pola asuh demokratis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:08
Last Modified: 28 May 2021 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item