INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN KERJA KERAS TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMAN 3 MAGETAN

Zyaputra, Romy Maoelana (2021) INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN KERJA KERAS TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMAN 3 MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210315310_Romy Maoelana Zyaputra.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zyapura, Romy Maoelana. 2021. Internalisai Karakter Peduli Lingkungan dan Kerja Keras Terhadap Peserta didik Melalui Program Adiwiyata di SMAN 3 Magetan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat Syaufa, M.Ag

Kata Kunci : Program Adiwiyata, internalisasi karakter, karakter peduli lingkungan, karakter kerja keras

Mengingat semakin parahnya lingkungan hidup yang kita tempati banyaknya bencana akibat ulah manusia dikarenakan kurangnya tertanam karakter peduli lingkungan pada diri manusia. Sedangkan penananam karakter peduli lingkungan sudah ada sejak kecil dengan adanya slogan jangan buang sampah sembarangan namun masih juga belum tertanam karakter tersebut. Menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini dimulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan sekolah, lingkungan sekolah sangat berpengaruh bagi pembentukan sikap anak. Dengan adanya program Adiwiyata disekolah membantu pembentukan sikap anak untuk peduli lingkungan dan bekerja keras serta melatih anak untuk selalu menyangi lingkungan dan merawat lingkungan, sehingga nilai-nilai karakter tersebut tertanam secara efektif dan berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Latar belakang adanya program Adiwiyata, 2. Bentuk Internal Sikap peduli Lingkungan dan Keja keras, 3. Hambatan dalam pelaksanaan program Adiwiyata di SMAN 3 Magetan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan diuraikan dalam bentuk uraian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi. Ananlisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesipulan.
Temuan penelitian menunjukan bahwa; inetralisasi karakter sikap peduli lingkungan dankerja keras berjalan dengan baik mulai dari kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan sikap peduli lingkungan dan fasilitas pendukung kegiatan penanaman sikap peduli lingkungan melalui Adiwiyata. Dalam proses penanaman sikap peduli lingkungan dan kerja keras mengadakan kegiatan rutin dan terprogram; kegiatan rutin membersihkan kelas, sekolah setiap Jum’at yang dinamakan Jum’at bersih. Kegitan terprogram memperingati hari Bumi,hari Lingkungan Hidup, penanaman pohon dan pengelolaan sampah dan limbah air. Hambatan yang dialami ada 2 faktor yaitu Intern dan Ektern. Faktor intern kurang mendukungnya fasilitas alat dan bahan. Faktor Ekstern yaitu keluarga, dan masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya ada penambahan untuk subjek penelitian pengelolaan sampah dan limbah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:07
Last Modified: 28 May 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item