..(LENGKAPI TTD PADA LEMBAR PENGESAHAN DISERTAI STEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES MELALUI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KONTEKSTUAL SISWA DI SMPN 5 PONOROGO SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA

Sholikah, Siti Khofifatus (2021) ..(LENGKAPI TTD PADA LEMBAR PENGESAHAN DISERTAI STEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...EFEKTIVITAS PENDEKATAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES MELALUI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KONTEKSTUAL SISWA DI SMPN 5 PONOROGO SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESIS 211317067 SITI KHOFIFATUS SHOLIKAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran IPA memuat konteks ilmiah yang berkaitan erat
dengan kehidupan sehari-hari siswa dalam lingkungan masyarakat. Hal ini selaras
dengan salah satu tujuan kurikulum 2013 yang mengharapkan siswa mampu
berkontribusi dalam lingkungan masyarakat. Akan tetapi penerapan pembelajaran
berbasis masalah saat ini belum mampu berjalan optimal. Hal ini serupa dengan apa
yang terjadi di SMPN 5 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan Socioscientific issues melalui metode diskusi, (2)
mengetahui aktivitas siswa selama menerapkan pendekatan pendekatan
Socioscientific issues dengan metode diskusi, (3) mengetahui respon siswa setelah
mengikuti proses pembelajaran (4) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
kontekstual antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan
Socioscientific issues melalui metode diskusi dengan metode ceramah.
Ditinjau dari permasalahan yang ditemukan, peneliti menggunakan
pendekatan kuantitaif dengan desain experiment kuanitatif jenis quasi eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Ponorogo IX semester
genap dengan sampel diambil berdasarkan teknik Non probality sampling dengan
metode purposive sampling. Sampel terdiri dari 8 sampai 10 siswa dari IX B dan
IX D sebagai kelas eksperimen serta IX A dan IX E sebagai kelas kontrol. Penelitian
ini menggunakan metode observasi, angket, kuisioner sosioemosional, dan tes
sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) keterlaksanaan
pembelajaran yang menggunakan pendekatan socioscientific issues melalui metode
diskusi berjalan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran. Hanya 1 indikator
pembelajaran SSI melalui metode diskusi yang tidak terlaksana sebab dalam kelas
eksperimen kuis review pembelajaran diganti dengan kegiatan tanya jawab dan
pengambilan keputusan. (2) aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan
pendekatan SSI melalui metode diskusi terbukti lebih aktif. Siswa menunjukan
adanya peningkatan pada setiap indikator kemampuan berpikir kontekstual selama
proses pembelajaran. (3) respon siswa terhadap pembelajaran pendekatan SSI
melalui metode diskusi memperoleh kategori sangat baik sehingga mendapat
kualifikasi berhasil. (4) Setelah dikendalikan skor kovariabel pre test terdapat
perbedaan antara kemampuan berpikir kontekstual siswa yang mendapat
pembelajaran menggunakan pendekatan SSI melalui metode diskusi dengan
pendekatan SSI melalui metode ceramah. Pendekatan SSI melalui metode diskusi
lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kontekstual siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:03
Last Modified: 28 May 2021 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item