..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)...PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PPKN SDN 1 KORI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MUSDZALIFAH, FIKRIA HUDATUL (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)...PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PPKN SDN 1 KORI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617011 FIKRIA HUDATUL MUSDZALIFAH 27.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran yang dilakukan kelas IV SDN 1 Kori peneliti memperoleh bahwa hasil belajar Ulangan Tengah Semester Ganjil tergolong rendah, salah satu faktornya yaitu belum memanfaatkan sumber belajar secara maksimal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran resitasi salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapatkan respon. Pada proses pembelajaran resitasi siswa tidak hanya diberikan tugas seperti biasanya melainkan siswa diberikan tugas untuk membuat siswa lebih aktif dalam mengerjakannya. Langkah-langkah metode resitasi ada 3 fase yaitu, fase pemberian tugas dengan guru memberikan tugas sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pemahaman siswa, fase pelaksanaan tugas dengan siswa mengerjakan tugas sesuai dengan arahan dari guru dengan menyimpulkan hasil pembelajaran dari guru berupa video yang dikirim melalui whatshapp serta mengerjakan soal tes, fase mempertanggungjawabkan tugas siswa menuliskan tugasnya dalam bentuk tulisan dikertas. Dalam pembelajaran ini siswa dibangun untuk bertanggungjawab atas hasil pembelajarannya. Penggunaan metode resitasi ini dapat dijadikan pilihan alternatif guru untuk menyampaikan pembelajaran. Metode ini memberikan kesempatan pada siswa untuk bekerja secara individu dan bekerja secara kelompok, siswa diberikan kesempatan untuk mengerjakan tugasnya di rumah, sekolah, perpustakaan dan lain-lain. Sehingga siswa nyaman dalam mengerjakan tugasnya dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode resitasi pada mata pelajaran ppkn kelas IV SDN 1 Kori tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara menggunakan metode resitasi dengan tidak menggunakan metode resitasi dengan matapelajaran ppkn terhadap hasil belajar siswa IV SDN 1 Kori tahun pelajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kontrol dimana siswa MIN 2 Ponorogo sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa dan SDN 1 Kori sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis dengan menggunkan Uji T yang peneliti gunakan dalam penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Hasil dari penelitian ini diperoleh deskripsi data dengan standar deviasi memperoleh 8,828. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa tingkat penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kori dan MIN 2 Ponorogo adalah sedang dengan kategorisasi menunjukkan prosentasenya 58%. nilai signifikan 0,000 dan nilai signifikan tersebut dibawah 0,05. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas IV di MIN 2 Ponorogo dengan kelas IV di SDN 1 Kori. Karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran ppkn SDN 1 Kori tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOFWAN HADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 04:01
Last Modified: 28 May 2021 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item